YUK KENALI BERBAGAI MACAM FOBIA

Hai Sahabat, kata fobia pasti sudah nggak asing lagi kan buat kamu? Biasanya, kamu menggunakan kata fobia ini untuk mendeskripsikan keadaan di mana seseorang mempunyai rasa takut berlebih terhadap sesuatu, entah itu barang, hewan maupun keadaan. Secara penjelasan harfiahnya pun kurang lebih sama, lho! fobia merupakan reaksi ketakutan berlebih terhadap objek atau situasi. Mereka yang mempunyai fobia biasanya akan merasa takut, cemas, panik dan cenderung menghindari hal yang ditakutinya tersebut. Selain itu, reaksi secara fisik yang terjadi kepada mereka yang mempunyai fobia adalah berkeringat, berdebar-debar, sesak nafas, mual, badan bergetar dan perasaan panik yang menetap. Pada kondisi seperti ini, sebaiknya kita jauhkan benda atau hewan yang ditakuti oleh penderita fobia. Jangan sampai kamu malah menakut-nakuti mereka yang mempunyai fobia yaaa :D

Oh ya, kamu penasaran nggak sih sebenarnya fobia itu penyebabnya apa sih? Ternyata penyebabnya fobia itu beragam, bisa karena faktor trauma atau pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu, perubahan fungsi otak dan bisa juga karena faktor genetik dan juga lingkungan. Nggak hanya penyebabnya saja yang beragam, jenis-jenis fobia pun terhitung banyak lho! Femii akan membahas 5 macam fobia yang sering kita jumpai aja yaaa ;) Yuk buruan disimak!

1. Ophidiophobia, Takut Ular

Ophidiophobia merupakan fobia terhadap ular, Sahabat. Biasanya, orang yang mempunyai fobia terhadap ular akan mengalami ketakutan meskipun nggak bertemu langsung dengan ular asli, lho Sahabat! Nggak cuma itu, mereka juga bakalan takut walau hanya sekedar memikirkan atau melihat sesuatu yang bentuknya sama seperti ular. Kedengarannya sedikit aneh ya hehe tapi itulah yang dirasakan oleh mereka yang memiliki fobia ini. 

2. Acrophobia, Takut Ketinggian

Acrophobia merupakan fobia terhadap ketinggian. Nah, kamu sudah pernah kan ketemu sama orang yang takut dengan ketinggian? Acrophobia merupakan salah satu fobia yang paling umum dan faktanya, 2% dari populasi di bumi mengalami fobia jenis ini. Walau rasanya wajar untuk takut ketika berada dalam ketinggian, namun bagi pengidapnya cenderung mengalami rasa panik dan cemas yang tinggi ketika berada di ketinggian.  Bagi beberapa pengidapnya bahkan rasa takut yang muncul sangat irasional dan terus-menerus. Selain itu, mereka merasa kesulitan untuk turun ketika sudah berada di tempat yang tinggi. Walaupun belum pasti apa penyebabnya, ada sebagian ahli yang berpendapat kalau fobia ini merupakan bawaan dari lahir dan juga pengalaman yang pernah dialami.

3. Agorafobia, Takut Keramaian

Sahabat, kamu punya nggak teman atau pacar yang sama sekali nggak mau diajak ke mall, nonton konser musik, atau ke tempat ramai lainnya? Nah, kalau kamu menemukan ciri-ciri yang Femii sebutin tadi, kemungkinan mereka mengalami macam fobia ini, agorafobia. Agorafobia merupakan ketakutan terhadap suasana yang ramai, ruang terbuka dan kondisi berdesak-desakan. Bagi penderitanya, fobia ini menyiksa banget, lho! Ditambah lagi kalau penderitanya tinggal di ibukota di mana hampir setiap sudut kota kita melihat keramaian dan kepadatan dimulai dari di jalan sampai transportasi umum. Namun, hingga saat ini penyebab agorafobia masih belum diketahui secara pasti. Ada kemungkinan hal ini bersifat genetik dan cenderung dialami seseorang dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat serangan panik.

4. Misophonia, Takut Terkena Kuman

Mysophobia adalah ketakutan berlebih terhadap kontaminasi bakteri, kotoran, debu, kuman dan resiko infeksi penyakit. Simpelnya, mysophobia merupakan fobia terhadap kuman atau fobia kotor. Mereka yang memiliki fobia ini, biasanya selalu memastikan tubuh mereka bebas dari kuman dan akan terus menerus mencuci tangannya sampai mandi berkali-kali dalam sehari, lho Sahabat! Nggak cuma sampai disitu, mereka juga harus memastikan kalau makanan yang akan dimakan tidak mengandung bakteri. Penderita fobia ini anti banget deh sama yang namanya kotor. Bagus dong ya kedengarannya? Namun, bagi penderita mysophobia, mereka akan merasakan mual, gemetaran, jantung berdebar-debar, sesak napas, berkeringat deras, bahkan sampai panik berlebihan dan menangis ketika dirinya merasa terkena kotoran atau kuman bakteri.

5. Arachnophobia, Takut Laba-laba

Arachnofobia merupakan fobia terhadap laba-laba, Sahabat. fobia ini seringnya dialami oleh wanita, lho! Tapi juga nggak menutup kemungkinan kalau para pria mempunyai fobia terhadap jenis serangga yang satu ini. Bagi yang memiliki fobia laba-laba, mereka akan sangat menghindari kemungkinan dirinya bertemu dengan laba-laba. Sebisa mungkin, mereka menghindari aktivitas seperti berkemah atau bisa juga mereka bahkan meninggalkan rumah kalau di dalamnya terdapat laba-laba.

Nah, itu dia beberapa macam fobia yang paling umum terjadi, Sahabat! So, kalau kamu punya teman yang mempunyai fobia, jangan malah ditakut-takuti yaaaa, kamu harus merangkul teman kamu agar rasa takutnya berkurang. 


 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE