Kok Terlambat Haid Sih

Aduh, kok belum haid juga ya? Padahal kan setelah lihat kalender , sekarang sudah seharusnya haid. Aduh, jangan-jangan ada apa-apa nih. Hmm..

Pasti kamu pernah berada di posisi seperti ini ya, Sahabat?

Sebagian besar perempuan pasti pernah merasakan haid yang tidak teratur. Biasanya, di tahun-tahun pertama menstruasi hal ini sering terjadi. Karena setiap tubuh perempuan itu unik, maka metabolisme tubuh dan siklus menstruasinya pun juga berbeda-beda. Kamu tidak perlu mematok siklus haid yang normal adalah 28 hari, dan berpikir jika memiliki siklus di luar itu tidak normal; Bukan seperti itu, Sahabat. Siklus haid yang normal itu bukan 28 hari, biasanya bervariasi pada setiap perempuan yaitu kurang lebih 22-35 hari. Jadi, jika bulan ini tanggal 5 kamu haid, belum tentu tanggal 5 bulan depan kamu haid lagi. Nah, untuk tahu cara lebih detail menghitung siklus, kamu bisa lihat caranya di sini.

Banyak hal lho yang mempengaruhi siklus haid perempuan. Catat hal-hal berikut ini ya, Sahabat!

1. Faktor hormonal

Hormon memiliki peran yang sangat besar dalam mengatur siklus haid, Sahabat. Di tahun-tahun awal perempuan mendapatkan haid, biasanya siklus tidak teratur. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon masih belum seimbang. Semakin beranjak dewasa, akan semakin teratur kok. Tenang aja ya, Sahabat.

Namun, jika haid tidak teratur terus terjadi hingga bertahun-tahun, hal ini perlu dicurigai, Sahabat. Segera konsultasi dengan dokter kandungan. Siapa tahu, memang ada gangguan hormonal yang terjadi dalam diri kamu. Nggak usah takut dan khawatir untuk pergi ke dokter  ya. Hal ini demi kesehatan kamu juga lho, Sahabat!

2. Stress

Banyak tugas, banyak les, banyak pikiran, dan aktivitas bisa bikin kamu stress berlebih. Hal inilah yang kerap menjadi faktor haidmu datang terlambat atau terlalu cepat. Stress membuat metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, akibatnya hormon juga tidak seimbang. Jadinya, haid tidak teratur deh.

Usahakan mengurangi stress yang berlebih ya, Sahabat. Kamu boleh banyak memikirkan banyak hal, namun kamu juga perlu refreshing. Jika punya masalah berat, jangan ragu-ragu untuk bercerita kepada orang terpercaya agar segera terselesaikan.

Untuk mengukur tingkat stressmu, kamu bisa melakukan tes di sini!

3. Pola hidup yang buruk

Untuk menjaga tubuh tetap prima dalam menjalani aktivitas, kamu perlu menerapkan pola hidup yang baik seperti makan bergizi, olahraga teratur, dan istirahat cukup. Jika kamu makan terlalu banyak atau kurang, jarang olahraga atau olahraga terlalu berat, dan kurang istirahat atau kebanyakan tidur, bisa dipastikan metabolisme tubuh kamu tidak teratur dan berakibat haid tidak lancar.

Gaya hidup buruk ini dapat berakibat fatal lho, Sahabat. Bukan hanya siklus haidmu yang akan berantakan, namun juga penyakit lain. Sayangi tubuhmu sendiri dengan cara memperlakukannya sebaik mungkin ya.

4. Mengonsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan dapat memberikan efek samping tertentu termasuk tidak teraturnya haid. Sebaiknya, jika mendapatkan obat dari dokter kamu perlu berkonsultasi mengenai efek sampingnya juga.

Obat-obatan yang disarankan dokter pun terkadang memberikan efek samping yang mengganggu fungsi hormonal kamu. Terlebih lagi obat-obatan berbahaya yang tidak sesuai anjuran dokter seperti narkoba. Demi kesehatan biologis dan psikologis, kamu harus menghindari obat-obatan tersebut ya, Sahabat!

5. Penyakit tertentu

Penyakit yang menyerang organ reproduksi gejala awalnya terkadang adalah haid menjadi tidak teratur. Jika haidmu datang tidak teratur secara terus menerus, dibarengi dengan sakit yang luar biasa dan pendarahan yang tidak terkontrol, sebaiknya segera menghubungi dokter ya, Sahabat. Kamu juga bisa mencari tahu apakah haidmu bermasalah di sini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, Sahabat, faktor apa saja yang menyebabkan haidmu menjadi tidak teratur? Mulai dari sekarang, kamu harus rajin ya mencatat siklus dan periode haidmu. Karena catatan siklus haid itu penting untuk mengetahui riwayat kesehatanmu.

Haid bukan halangan untuk tetap beraktivitas, Sahabat! Stay Active!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->