Cari Teman Harus Pilih-Pilih!

Loh loh loh.. gimana tuh maksudnya? Kok cari teman harus pilih-pilih sih? Padahal kan kita dulu pernah diajarkan bahwa pilih teman itu nggak boleh pilih-pilih.

Tenang dulu, Sahabat. Femii nggak sedang ngaco kok. Hihihi.. Memang benar kita harus pilih-pilih kalau cari teman. Karena nih ya menurut penelitian, kita akan mirip dengan lima orang yang paling sering bergaul dengan kita sehari-hari. Jadi kalau mau menjadi pribadi yang baik, usahakan kelima orang terdekat kamu juga baik pula.

Teman sepermainan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kehidupan remaja. Pada masa kini, kamu biasanya memang lebih dekat dan banyak bergaul dengan teman sepermainan. Kehidupan pertemananmu saat ini berkaitan erat dengan perkembangan pribadi saat remaja.

Memasuki masa remaja memang mendebarkan, Sahabat. Banyak hal menarik yang akan kamu alami. Tapi kamu jangan takut, karena di artikel sebelumnya Femii sudah memberi tips menghadapi masa-masa puber. Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menginjak usia ini adalah pemilihan teman, Sahabat. Walaupun sebenarnya kita tidak dapat memilih bertemu dengan siapa, namun kita punya kuasa untuk menjalin pertemanan lebih dekat dengan siapa.

Memilih-milih teman itu bukan dalam artian kamu harus berteman dengan orang kaya, ganteng atau cantik, keturunan ningrat, atau berdasarkan karakter materi dan fisik. Lalu memilih teman berdasarkan apa dong?

Nah, Femii kasih panduan nih, agar kamu mulai bisa membayangkan memilih teman yang baik seperti apa. Berikut ini kriteria teman yang perlu kamu pertimbangkan:

       

1. Punya Hobi dan Ketertarikan yang Sama

Sebenarnya secara alamiah, kita akan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama. Misalnya, orang yang suka otomotif akan berkumpul dengan yang suka otomotif dan yang suka baca buku akan punya komunitas baca. Senang kan kalau punya teman yang nyambung diajak ngobrol. Hehe..

2. Memiliki Kemampuan Lebih

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, belajar itu tidak harus dari sekolah lho. Kamu bisa mengambil pelajaran dari siapa pun, dimana pun, termasuk dari teman baik. Misalnya, temanmu memiliki kemampuan matematika lebih. Kamu bisa tuh, minta diajarin, atau misalnya kamu minta diajarin menari tradisional oleh temanmu yang jago menari. Di lain pihak, kamu juga harus menggunakan kemampuanmu dan bisa bertukar posisi. Kalau kamu jago bahasa Inggris, kamu bisa tuh ajari temanmu yang kurang. Dengan begitu, kalian bisa belajar bersama dan saling melengkapi.

3. Pribadi yang Menyenangkan

Berteman baiklah dengan orang yang menyenangkan dan membuat harimu lebih menyenangkan, Karena itulah gunanya teman, untuk menemani kamu. Hehehe.. Seseorang yang bisa menghiburmu di kala kamu sedih, yang bisa memberi semangat di kala kamu putus asa, dan menegurmu jika kamu berbuat salah, adalah teman yang baik, Sahabat. Pokoknya teman yang selalu setia di kala senang atau sedih deh..

4. Membawa Menuju Hal-hal Positif

Teman yang paling baik adalah teman yang membawa kita menuju hal-hal Positif atau menjadikan kita pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Bertemanlah dengan seseorang yang memiliki visi positif tentang hidupnya dan optimis. Dengan begitu, kamu akan terbawa pengaruhnya.

Jika kamu sudah menemukan keempat kriteria ini dalam satu sosok, lebih baik kamu jaga baik-baik teman itu ya. Tidak peduli dia berasal dari keluarga atau ras mana, memiliki harta sedikit atau banyak, rupawan atau tidak, agama apa pun, dan memiliki karakter fisik seperti apa. 

Namun jangan hanya menuntut sahabatmu untuk memiliki kriteria seperti di atas, Sahabat. Kamu pun harus menjadi teman yang baik dan berkualitas untuk teman kamu.

Tetap semangat belajar, semangat berprestasi, dan tetap aktif ya!

 
    Share to Facebook Share to Twitter