Kenapa sih Haid Sakit?

Ketika sedang haid, beberapa perempuan akrab dengan rasa nyeri yang terasa di perut, pinggang, paha, punggung, kaki, atau bahkan seluruh tubuh. Hmm.. Bagaimana denganmu, Sahabat?

Haid adalah proses peluruhan dinding rahim saat sel telur atau ovum yang telah matang tidak dibuahi oleh sperma. Darah yang keluar selama haid itu berasal dari luruhan dinding rahim. Namun, bukan berarti sakit yang terjadi karena rahim kita ‘terluka’, seperti halnya bagian tubuh lain yang terluka, berdarah, kemudian terasa sakit.

Rasa sakit yang kita rasakan disebabkan oleh hormon prostaglandin yang dihasilkan oleh tubuh untuk membuat dinding rahim berkontraksi. Jika hormon ini diproduksi secara berlebihan, akibatnya dinding rahim menjadi kram karena aliran darah tidak lancar. Sebenarnya hormon ini diperlukan saat akan melahirkan. Namun, jika tidak sedang akan melahirkan dan hormon ini diproduksi berlebihan, bisa jadi kamu telah mengonsumsi makanan yang memicu hormon tersebut nih, Sahabat. Makanan dan minuman yang dapat memicu hormon ini adalah yang mengandung kafein, soft drink, makanan berlemak, dan makanan manis.

                      

Untuk mengurangi gejala yang diakibatkan kelebihan hormon prostaglandin ini, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Kandungan ini banyak terdapat di telur, daging, dan susu. Perbanyak juga makan buah-buahan dan sayuran ya, Sahabat! Pahami menu yang baik untuk kamu konsumsi saat haid di sini. Nah, selain memperhatikan asupan makanan, kamu juga harus mengatur gaya hidup. Olahraga teratur, istirahat cukup, dan hindari stress berlebih ya, Sahabat. Hal-hal tersebut juga membantu mengurangi gejala yang diderita saat nyeri haid. Seperti apa detailnya gaya hidup yang sehat? Yuk, cari tahu di sini.

Nyeri haid biasanya terjadi sebelum hingga dua hari haid. Jika nyeri yang kamu derita lebih lama dari itu, rasanya tak tertahankan, dan berlangsung secara terus menerus, lebih baik kamu segera menghubungi dokter, Sahabat. Bisa jadi, haidmu tidak normal. Kamu tidak perlu takut pergi ke dokter saat merasakan gejala-gejala ini.

Namun, untuk kamu yang baru saja mengalami haid pertama, nyeri saat haid itu wajar kok. Kemungkinan kamu akan mengalaminya akan rasa sakitnya menurun seiring berjalannya waktu. So, jangan khawatir ya!

                      

 

Jika kamu sudah berupaya dengan baik untuk mencegah nyeri saat haid namun masih mengalaminya juga, jangan khawatir ya. Kamu bisa mengonsumsi Feminax untuk meredakan nyeri haid kamu. Bahan-bahan kandungannya aman dikonsumsi dan tidak memberikan efek buruk untuk organ reproduksi. Karena, cara kerjanya adalah menghalangi produksi prostaglandin. Selengkapnya tentang cara kerja Feminax, lihat ini deh. Selain itu, untuk mengurangi nyeri yang kamu derita, kamu bisa mengompres perut dengan air hangat dan beberapa cara lain di sini.

Setelah tahu bagaimana menghadapi nyeri haid, pastinya haid bukan lagi momok yang menghambat aktivitas sehari-hari kamu kan, Sahabat?

Stay active and healthy, ya!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE