15 May 2017, 00:00
FemiiFabulous
Bergabung:
Post:
Social Media dan Perubahan Identitas Remaja
Tiap hari kita menggunakan sosial media, baik untuk keperluan sosialisasi maupun akses informasi terkini. Kamu tau nggak, secara langsung tak langsung sosial media memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap penilaian kita terhadap diri sendiri? Banyak hal yang terjadi di sosial media yang tanpa kita sadari membuat kita selalu merasa kurang dan tidak bersyukur dengan apa yang telah kita miliki.

Dalam thread ini Femii Fabulous akan membeberkan beberapa fakta tentang sosial media yang perlu kamu ketahui.

1. Realita yang Ada di Internet itu Tidak Selalu Nyata
Setiap orang ingin terlihat hebat di mata orang lain, maka mereka berpotensi mendramatisir momen yang dialami agar nampak “wah” jika di-share di sosial media. Hal tersebut dilakukan agar mereka mendapatkan perhatian dari orang lain.

Kita sebagai penerima informasi terkadang merasa rendah diri karena tidak memiliki kehidupan yang begitu sempurna seperti mereka. Padahal sebenarnya, kehidupan orang yang kita anggap sempurna belum tentu seperti yang terlihat.
Maka dari itu, kita perlu menjaga ekspektasi, jangan sampai kita tidak bersyukur dengan apa yang telah kita miliki hanya gara-gara "tertipu" dengan image yang kita lihat di internet.

2. Tidak Semua yang Tren di Internet Baik untuk Ditiru
Di internet, tren berlalu silih berganti karena konten berubah begitu cepat. Apa yang menarik sekarang belum tentu besok menarik. Bagi remaja seperti kita, tetap up-to-date itu penting, namun jangan sampai terombang-ambing dengan gelombang informasi yang simpang siur ya, Sahabat. Kita tidak perlu mengikuti semua tren yang ada di internet. Seleksi informasi itu penting banget. Jangan sampai kita salah memilih idola atau panutan pergaulan hanya gara-gara sedang tren. Tidak semua yang lagi ramai di bicarakan di internet itu baik dan cocok buat kamu.

3. Sama seperti Dunia Nyata, Kita Harus Tetap Berhati-Hati dalam Berbicara
Walaupun tidak ada peraturan dan batasan yang jelas, kita tetap harus berhati-hati dalam mengunggah konten ke sosial media, baik berupa foto, tulisan, maupun video. Walaupun memiliki kebebasan yang hampir tak terbatas, semua post yang kita unggah menjadi tanggung jawab kita. Karena itu, jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan, kita akan merasakan dampak negatifnya.

Jika tidak bisa memberikan konten yang informatif, paling tidak kita mengunggah hal yang baik dan benar tanpa menyinggung orang lain, Sahabat.

Yang terpenting, jangan sampai internet mempengaruhi ke arah yang lebih buruk tentang penilaian kita terhadap diri kita. Jangan lupa juga tetap bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Nah kira-kira apa lagi ya yang perlu kita perhatikan tentang pemakaian informasi internet yang harus kita pahami? Yuk tulis tanggapanmu di kolom komentar!
 
-->