Rahim Kering? Kecanduan Feminax?

Hi Sahabat Femii !

Sesuai janji Femii waktu membahas "Mitos Seputar Menstruasi" dan "Kenapa sih Haid Sakit?", sekarang Femii akan menjawab tentang rahim kering dan juga hoax/rumor bahwa Feminax bisa membuat kecanduan.

Pertama tentang rahim kering. Sebetulnya di dunia medis itu tidak ada istilah penyakit rahim kering. Ungkapan ini cenderung muncul di tengah masyarakat untuk memperhalus istilah 'kemandulan' (rahim yang tak bisa mengandung diibaratkan ladang gersang yang tak bisa menghasilkan panen). Nah, kemandulan sendiri itu banyak penyebabnya. Kalau dari sisi wanita, kemandulan di antaranya bisa karena kelainan rahim, infeksi mulut rahim, dan lainnya, bahkan stress beratpun bisa jadi faktor. Tapi pastinya pemakaian Feminax tidak termasuk di antara faktor-faktor tersebut, terutama karena cara kerja Feminax itu sebenarnya tidak mempengaruhi rahim.

Cara kerja Feminax itu begini: ketika kamu merasakan nyeri haid, rasa nyeri itu dibawa oleh sistem sarafmu ke otak, dan otaklah yang membuat kamu merasa sakit; Feminax bekerja di sistem saraf, sehingga rasa sakit itu "diredam" signalnya ke otak, tapi tidak bekerja di area rahim/kewanitaan sama sekali. Maka itu Femii yakin dan percaya Feminax aman bagi rahim :-) lewat rahim aja ngga, gimana mau merusak coba?

Lalu kedua, tentang kecanduan/ketergantungan. Serem ya! Kesannya Feminax kayak narkoba aja... Kalau narkoba memang membuat tubuh penggunanya secara biologis ketagihan, sehingga bila ia berusaha berhenti maka tubuhnya akan melalui suatu fase dulu dimana tubuhnya "berontak" dan seakan-akan sakit (padahal justru itu untuk pemulihan). Nah kalau Feminax, tidak ada kandungan yang membuat kecanduan seperti itu. Jadi Feminax aman yaaa!

Tapi tolong teman-teman juga bedakan antara kecanduan/ketergantungan dan kebutuhan/mengandalkan. Kita ambil contoh hape/smartphone kesayangan kamu, dimana semua game, chat, aplikasi sosmed kamu ada di situ, bahkan untuk weker dan kamera aja kamu mengandalkan hape itu. Lalu suatu hari hape itu hilang! Wah gawat kan! Pastinya aktifitas kamu jadi terganggu! Tapi bukan berarti secara biologis badan kamu kecanduan. Nah, begitu juga dengan Feminax, kalau kamu sudah terbiasa tetap aktif walau melalui masa haid berkat Feminax lalu suatu hari ketika haid lupa bawa Feminax, padahal mungkin kamu lagi camping di tengah hutan untuk kegiatan sekolah, waduh! Gawat juga tuh! Pastinya terganggu aktifitasmu, tapi bukan berarti kamu kecanduan yaaa! Yah memang jadi terpaksa menahan rasa nyeri, tapi beda jauh sama pecandu narkoba yang lagi "nagih".

Btw, pastinya Femii juga mau menasehatkan kamu supaya menjauh dari godaan narkoba ya! Jangan sampai satu kali salah langkah membuat masa depanmu susah.

 

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE