Makan Apa ya Saat Haid?

Nyam.. nyam.. nyam..

Siapa nih yang hobi makan? Hihihi.. Makanan favorit kamu apa, Sahabat?

Walau kamu suka makanan apa saja, namun kamu harus tetap menjaga pola makan yang seimbang ya. Makanan apa pun jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk tubuh kamu. Terlebih lagi saat haid. Ada beberapa makanan yang baik kamu makan dan ada makanan yang lebih baik dihindari.

Makanan yang Harus Banyak Dikonsumsi

1. Polong-polongan

Polong-polongan atau biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang panjang, dll mengandung lemak tak jenuh yang berguna untuk menangkal kram dan kelelahan saat sedang haid.

2. Sayuran hijau

Kangkung, bayam, brokoli, sawi, dan sayuran hijau lain baik untuk kamu konsumsi saat haid. Sayuran hijau mengandung zat besi yang baik untuk menggantikan zat besi saat keluar bersama darah. Kandungan vitamin K di dalamnya juga mampu mengentalkan darah, sehingga darah yang keluar tidak terlalu mengucur deras.

3. Makanan yang mengandung omega 3

Asam lemak omega 3 pada telur, daging, dan susu bagus untuk relaksasi otot dalam tubuh. Kandungan ini juga dapat membuat emosi kamu stabil saat sedang haid.

4. Buah-buahan

Kamu lebih baik makan buah-buahan saat sedang haid, Sahabat. Misalnya pisang dapat memperbaiki mood kamu, semangka dapat memperlancar aliran darah; Nanas. Iya, nanas juga baik loh!. Kamu boleh kok makan nanas saat sedang haid. Justru, nanas itu baik karena mengandung bromelain, enzim yang merelaksasi otot sehingga tidak kram waktu haid. 

Sahabat Femii mungkin pernah denger bahwa kalau sedang haid nggak boleh makan nanas. Ternyata itu mitos yang ngak bener loh! Baca lebih lanjut di sini.

Makanan yang Lebih Baik dihindari

1. Makanan olahan

Jangan terlalu banyak makanan gurih atau asin yang mengandung sodium dan vetsin. Terlalu banyak mengonsumsi sodium membuat kandungan ion dalam tubuh tidak seimbang dan tubuh membengkak.

2. Kafein

Kafein menyebabkan jantung berpacu lebih cepat dan membuat kita lebih gelisah. Kurangi minum kafein ya, Sahabat. Selain itu payudara juga akan lebih sensitif dari biasanya dan nyeri jika tersentuh.

3. Makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak dapat mempengaruhi hormon. Nah, selama haid, hormon kita sudah tidak seimbang. Ketika makan makanan berlemak, hormon menjadi tidak karuan dan akibatnya mood pun juga semakin berantakan. Hmmm.. serem ya.

4. Makanan Mengandung Gula

Selama haid terkadang kita ngidam makanan yang manis-manis. Namun lebih baik jangan dituruti ya, Sahabat.. Makanan manis membuat kadar gula dalam darah meningkat. Hal tersebut mempengaruhi hormon juga lho! Akibatnya sama dengan kamu terlalu banyak makan makanan berlemak tinggi.

Sekarang kamu jadi nggak ragu lagi kan memilih makanan apa yang bisa dikonsumsi saat sedang haid? Jangan khawatir yaa, karena semasa haid kamu masih bisa makan banyak macam makanan kok. Yang pasti, haid jangan sampai menghalangi aktivitasmu ya!

Stay Active, Sahabat!

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter