Menstruasi Merampok Nutrisi Ini!

Hi Sahabat Femii !

Agak mirip dengan artikel Femii dulu tentang Diet Sehat Kala Haid,tapi kali ini Femii mau fokus khusus dari segi nutrisi yang kurang/hilang ketika kita mengalami menstruasi. Sebenarnya diet sehat secara umum itu penting, entah sedang haid atau tidak, dan banyak sekali nutrisi yang diperlukan tubuh kita, sebaiknya semuanya seimbang. Tapi ketika haid memang ada beberapa nutrisi yang diindikasikan para pakar akan mengalami penurunan, jadi harus agak 'dikebut' konsumsi nutrisi-nutrisi berikut kalau sedang haid:

  • Zat besi - untuk tiap hari ketika periode haid kita, ketika kita kehilangan darah, kita juga kehilangan 1 mg zat besi. Kayaknya dikit ya? Tunggu dulu, manusia memang secara umum cuma perlu masukan zat besi 10 mg/hari (gak sampai berkilo-kilo koq :p ), tapi untuk wanita yang sedang haid harus dinaikkan jadi 15 mg/hari. Jadi waktu haid coba perbanyak makan daging (entah ayam, ikan, daging merah), tapi kalau bisa jangan dalam masakan yang terlalu berminyak. Sup ayam/ikan sepertinya OK. Keluarga kacang dan polong, sayuran yang hijau gelap (seperti bayam) juga sumber zat besi. Sepiring sayuran setiap hari cukup untuk membalap kekurangan zat besi.
  • Kalsium - mineral satu ini kebutuhan dasar banget, tapi seringkali kelewatan, dan ketika haid mineral ini kadarnya jadi naik turun bagai roller coaster bagi kita para gadis. Maka itu coba makan keju, hazelnut, almond, jeruk, yogurt, susu tinggi kalsium.
  • Vitamin D - satu ini suka naik turun bersamaan kalsium. Padahal fungsi vitamin D salah satunya untuk menyerap kalsium, jadi kalau kamu menambah kalsium tapi kekurangan vitamin D tetap saja tak maksimal efeknya. Vitamin D bisa ditemukan di tuna, salmon, belut, jamur portobelo, dan kuning telur. Uniknya Vitamin D, ia juga bisa didapat dari sinar matahari pagi (dari jam 6-10 pagi, lebih dari itu kepanasan sih!), jadi olah raga/aktifitas outdoor di pagi hari makin penting deh!
  • Asam Folat (termasuk dalam Vitamin B-kompleks) - nutrisi ini membantu menghasilkan sel darah merah, jadi bagus untuk jaga-jaga selama masa haid dimana kamu agak kehilangan darah selama beberapa hari. Berita baiknya, sayuran hijau dan kacang-kacangan yang sumber zat besi bisa sekaligus memberimu asam folat juga. Asam folat juga bisa ditemukan di pasta atau roti yang terbuat dari gandum utuh (atau biasanya ditulis di bungkusannya sebagai whole wheat, jadi bukan roti/pasta biasa).
  • Vitamin C - menurut para ahli, rasa 'ngidam' ketika menstruasi itu adalah tanda bahwa tubuh kita memerlukan vitamin C. Vitamin C juga membantu agar tubuh kita lebih mudah menyerap zat besi, jadi fungsinya berganda nih! Sumber vitamin C mudah sekali, pasti kalian tahu jeruk dan kiwi kaya vitamin C. Suplemen vitamin C dosis tinggi juga sudah banyak di pasaran.

Pesan akhir Femii, memang tubuh yang  fit lebih siap menghadapi menstruasi, tapi seringkali tetap saja terasa sakitnya, jadi sebaiknya tetap jaga-jaga bawa Feminax ya! OK sekian dari Femii!

STAY ACTIVE Sahabat Femii!!!!!

Love,

Femii

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE