7 Hal yang Bisa Membuat Hidupmu Bahagia

Bahagia itu sederhana, kok. Cukup dengan bersyukur dan bersyukur lagi dengan apa yang telah kita miliki.

Hmmm.. Namun ternyata nggak sesederhana itu ya, Sahabat? Hehehe..

Pernah nggak ketika kamu sedang kepo social media, tiba-tiba kamu merasa serba kekurangan, sementara teman kamu ‘sepertinya’ mendapatkan semua hal yang diinginkan. Dari social media mereka, kamu tahu teman kamu memiliki baju paling modis, liburan ke luar negeri, gadget super canggih, hingga uang saku berlimpah. Ketika melihat hal tersebut, kamu merasa butuh untuk memiliki hal yang sama. Padahal, nggak semua yang kamu lihat itu benar-benar demikian. Kamu pun tidak perlu meniru gaya hidup orang lain, terlebih memaksakan diri untuk terlihat keren padahal tidak memiliki kemampuan itu. Jangan sampai kamu terjerumus dalam gaya hidup hedonis dan menghambur-hamburkan uang ya, Sahabat.. Percayalah, keinginan manusia itu tidak terbatas. Ketika kamu sudah mencapai satu pola hidup yang tinggi, kamu pasti akan menginginkan yang lebih lagi dan tidak akan ada habisnya.

Walaupun orang tua kamu memiliki kemampuan untuk memberikanmu materi yang lebih, nggak ada salahnya kok kamu tetap hidup sederhana. Hal yang perlu kamu ingat bahwa kualitas diri kamu tidak diukur dari atribut yang kamu pakai, melainkan dari sikap kamu. Penampilan memang penting, namun bukan yang terpenting, Sahabat! Pilih penampilan yang sesuai dengan diri kamu di sini.

Nah, kali ini Femii akan berikan tips buat kamu agar hari-hari dalam hidupmu tetap bahagia apa pun yang terjadi.

1. Hidup Sederhana

Kesederhanaan adalah awal kebahagiaan. Hidup sederhana itu bukan berarti serba kekurangan lho, Sahabat..Sederhana merupakan sebuah cara hidup yang bertujuan untuk menjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah. Ketika kamu selalu merasa cukup dengan apa yang kamu miliki, tanpa merasa iri hati kepada orang lain, saat itulah kamu menemukan kebahagiaan.

2. Bekerja Keras

Untuk dapat bertahan hidup, kita harus berjuang dan bekerja, Sahabat. Kamu tidak akan selamanya bisa bergantung kepada kedua orang tuamu. Dengan belajar untuk bekerja keras sejak dini, kamu dapat mengerti arti perjuangan. Kamu pun menjadi lebih menghargai sesuatu, sekecil apa pun itu.

3. Tidak Konsumtif

Jika ingin membeli sesuatu, pikir dahulu matang-matang. Apakah kamu membutuhkannya, atau hanya menginginkannya? Pastikan barang tersebut benar-benar bermanfaat bagi kelangsungan hidup kamu. Bijaksanalah dalam menggunakan uang ya, Sahabat! Jangan sampai menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

4. Selalu Bersyukur

Kesulitan hidup yang sedang kamu hadapi bisa menjadikanmu lebih rendah hati dan bersyukur. Syukuri apa saja yang sudah kamu miliki saat ini, karena di luar sana banyak orang yang menginginkan ada dalam posisimu lho..Dapat mengenyam pendidikan tinggi, makan cukup, memiliki gadget pribadi, memiliki rumah yang layak, adalah kemewahan tersendiri untuk orang-orang tertentu, padahal hal-hal tersebut terkadang masih kamu take for granted atau sia-siakan.

5. Harta Benda Bukan Segalanya

Harta berupa materi bukan segalanya yang menjadikanmu bahagia. Kebahagiaan yang sejati itu, berasal dari hati nurani kita yang merasa tentram. Karena, hidup kamu masih terus berjalan kok, walaupun seluruh harta bendamu tidak ada lagi.

6. Tidak Mudah Iri terhadap Orang Lain

Jangan mudah terintimidasi dengan apa yang dimiliki orang lain. Mungkin yang kamu lihat mereka dengan mudah mendapatkan yang mereka inginkan. Padahal Kamu sendiri tidak tahu bagaimana usaha keras mereka untuk mendapatkannya. Karenanya, untuk bisa mendapatkan hal yang serupa kamu juga harus bekerja keras. Yang terpenting kamu harus tetap bekerja keras demi keberhasilanmu sendiri. Percayalah, hasil itu tidak akan mengkhianati usaha.

7. Apa yang Kamu Inginkan Tak Selamanya Bisa Terwujud

Kamu sudah mulai beranjak dewasa nih, kalau sudah bisa menerima bahwa tak selamanya yang kamu inginkan bisa terwujud. Banyak hal yang harus bisa kamu kompromikan. Alih-alih berputus asa, kamu harus tetap kuat dan pantang menyerah ya, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE