Yuk Cari Tahu Perbedaan Pembalut, Tampon Dan Menstrual Cup!

Aloha, Sahabat! Ada beberapa macam pembalut yang bisa digunakan pada saat haid datang, lho! Ada macam pembalut yang hanya diletakkan di permukaan Ms. V dan ada juga yang diletakkan didalam Ms. V. Namun, sebagian masyarakat Indonesia lebih terbiasa menggunakan pembalut pads biasa dibandingkan dengan menggunakan tampon dan menstrual cup. Tapi, ada juga beberapa wanita yang menggunakan tampon dan menstrual cup, biasanya mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Walaupun pembalut pads, tampon dan menstrual cup fungsinya sama, yaitu menyerap darah haid, namun bentuk dan cara penggunaannya berbeda, lho Sahabat! Yuk simak penjelasannya!

1. Pembalut Pads

Jenis pembalut yang satu ini, sudah nggak asing lagi kan Sahabat? Pembalut merupakan penyerap darah haid yang berbentuk persegi panjang dan terbuat dari bantalan kapas dan kain di bagian atas yang lembut. Cara menggunakannya sangat mudah dan praktis, hanya tinggal ditempelkan atau direkatkan pada bagian panties. 

 

Pembalut memiliki berbagai macam ukuran yang disesuaikan dengan fungsinya, ada yang berukuran lebih panjang agar menghindari bocor, berukuran sedang hingga panty liner  yang berukuran kecil. Nah, untuk pembalut jenis pads ini, kamu harus rajin-rajin menggantinya yaa Sahabat. Usahakan setiap 3-5 jam kamu ganti agar tidak menimbulkan bau-bau tak sedap dan terhindar dari iritasi. Walaupun darah haid yang keluar tidak banyak, kamu harus tetap mengganti pembalutnya 3-5 jam ya, Sahabat. 

2. Tampon

Nah, yang kedua adalah tampon. Pada dasarnya, bahan tampon kurang lebih sama seperti pembalut pads, Sahabat! Terbuat dari bantalan kapas, namun yang membedakan adalah bentuknya. Kalau tampon, bentuknya seperti tabung silinder yang memiliki penarik di ujungnya berfungsi untuk menarik tampon keluar dan memberi tanda kapan tampon harus diganti. pemakaiannya juga berbeda, lho! Cara penggunaannya juga berbeda, Sahabat! Jika pembalut biasa hanya di rekatkan pada panties, kalau tampon dimasukkan kedalam Ms. V. 

 

Untuk cewek yang aktif bergerak, tampon ini sangat cocok digunakan, karena nggak perlu khawatir bergeser kekanan atau ke kiri hihi. Namun, untuk kamu yang belum pernah menggunakan tampon, awalnya pasti bikin deg-deg an. Untuk menggunakan tampon, kamu benar-benar harus pastikan kalau kamu tidak dalam kondisi takut atau tegang agar tampon berhasil masuk ke dalam Ms. V karena di saat kondisi takut dan tegang, otot-otot Ms. V kamu akan mengeras dan akan menyulitkan proses masuknya tampon kedalam Ms. V. Beberapa tampon dilengkapi dengan aplikator dari plastik atau tabing kardus yang membantu memudahkan tampon masuk ke vagina. Namun, ada juga lho yang membutuhkan bantuan jari dalam pemakaiannya. Gimana? Kamu berani coba?

3. Menstrual Cup

Hampir sama halnya dengan tampon, menstrual cup juga digunakan di dalam Ms. V, Sahabat! Namun, berbeda halnya dengan pembalut pads dan tampon yang fungsinya untuk menyerap darah haid, menstrual cup justru menampung darah haid yang keluar. Menstrual cup terbuat dari karet ataupun silikon yang berbentuk cup kecil yang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran juga. 

 

Ada yang ukuran diperuntukkan khusus wanita yang belum melahirkan dan ada juga khusus untuk wanita yang belum pernah melahirkan. Untuk penggunaan menstrual cup sendiri nggak jauh beda dengan penggunaan tampon. Langkah awal adalah membentuk menstrual cup seperti huruf U, lalu kamu tinggal atur posisi senyaman mungkin, bisa dengan cara duduk, jongkok atau salah satu kaki diangkat keatas, lalu masukkan menstrual cup ke dalam Ms. V dengan perlahan. 

 

Sebenarnya, menstrual cup bisa dibilang lebih praktis karena nggak harus sering-sering diganti seperti pembalut pads dan juga tampon. Penggunaan menstrual cup ini bisa sampai 8 jam, lho Sahabat! Kalau kamu merasa menstrual cup kamu sudah penuh, kamu hanya tinggal mengeluarkannya dan membuang darah haid lalu membilas menstrual cupnya dan dapat langsung di gunakan lagi! Namun, setelah itu kamu harus apik merawat menstrual cup nya yaaa agar terhindar dari bakteri hihi.

 

Nah, itu dia perbedaan dari pembalut, tampon dan menstrual cup, Sahabat! Gimana? Kamu berani coba satu persatu? hihi.



 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE