5 Cara Berpakaian Untuk Menambah Percaya Diri

Menginjak usia remaja, bukan hanya tubuh kita yang berubah dan berkembang secara seksual, melainkan kondisi psikologis juga berkembang menuju kedewasaan. Tak jarang pada masa-masa ini kita mengalami gejala psikologis semacam pencarian jati diri dan jatuh cinta untuk pertama kali.

Salah satu konsekuensi dari perkembangan psikologis tersebut adalah kita lebih memperhatikan penampilan. Perhatian kita terhadap penampilan fisik menjadi lebih serius. Bukan berarti langsung gila dandan dan mempercantik diri, namun lebih ke arah bagaimana sih kamu ingin dinilai orang lain. Salah satu wujud ekspresi untuk menunjukkan diri kamu yang sejati adalah dari penampilan fisik. Kamu jadi concern terhadap gaya rambut, gaya berpakaian, hingga pemakaian produk kosmetik tertentu.

Dalam artikel ini, Femii akan memberi kamu panduan cara memilih pakaian yang pas untuk kamu dan dijamin bisa bikin kamu makin kece! Hehehe..

Sesuaikan pakaian yang kamu gunakan dengan cuaca dan acara. Ini adalah prinsip berpakaian paling penting. Kamu harus tau kapan memakai jaket tebal dan kapan kamu hanya menggunakan cardigan. Acara-acara yang akan kamu hadiri juga harus kamu perhatikan. Gunakan pakaian yang formal dan sopan jika kamu menghadiri acara formal. Begitu pun jika kamu akan datang ke acara casual atau cuma main sama temen. Jangan sampai kamu saltum atau salah kostum ya, Sahabat.. hehe

 

Penampilan memang bukan poin utama, melainkan poin pertama seseorang akan menilai diri kamu. Karena itu, kamu memang perlu untuk memperhatikan penampilan. Namun kamu nggak harus kok berpakaian yang mahal agar dinilai berada. Kamu nggak butuh pakaian mewah untuk dinilai cantik. Kamu nggak selalu harus berpakaian yang sama dengan seseorang hanya karena kamu menganggap dia lebih baik dari kamu. Pakailah pakaian yang nyaman kamu gunakan dan membuat kamu lebih percaya diri. Dan yang lebih penting adalah berpakaianlah sesuai dengan fase umur kamu. Jika kamu adalah seorang remaja, jangan sekali-kali deh pakai baju kayak mama kamu, pakai lipstick merah segala dan perhiasan mewah. Selain enggak cocok secara fisik dan psikologis, hal ini juga memancing orang jahat untuk menyakiti.

Bukan pakaian baru dan kekinian yang membuat kamu dihormati dan dihargai orang lain. Tren menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi cara berpakaian seseorang. Namun terkadang banyak juga yang ‘ikut-ikutan’ hanya ingin dibilang gaul dan masa kini. Padahal, nggak semua baju kekinian itu pas kamu gunakan. Baju model lama pun, saat ini dijadikan tren baru. Itu tandanya, tren akan kembali lagi. Jadi, jangan khawatir kalau kamu nyaman menggunakan pakaian lamamu. Siapa tahu, tahun depan pakaian itu menjadi tren terkini. Hehehe..

Namun bukan berarti kamu dilarang mengikuti mode terkini loh! Kamu boleh kok berpakaian yang gaul plus kekinian banget, asalkan sesuai dengan dua poin di atas. Attitude atau sikaplah yang membuat kamu dihormati dan dihargai oleh orang lain. Karena itu, daripada harus pusing memikirkan baju yang bagus untuk mendapat penilaian tinggi, lebih baik kamu memikirkan bagaimana cara bersikap yang tepat.

Bijaklah dalam memilih model, warna, dan motif pakaian. Nah, jika tips sebelumnya lebih fokus pada faktor psikologis dan sosial, tips kali ini berkenaan erat dengan estetika. Walaupun setiap orang memiliki taste tersendiri untuk menilai pakaian yang bagus atau enggak, setidaknya kamu harus menjaga agar gaya berpakaianmu tidak mencolok mata orang saking tidak mengindahkan estetika yang berlaku umum. Hehehe..

Sederhananya, kamu harus bijak memilih baju sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit kamu. Misalnya kalau kamu kurus, lebih baik menggunakan motif besar-mesar dan warna yang terang. Kalau kamu gemuk, gunakan baju dengan warna gelap dan motif kecil-kecil. Gunakan padanan warna dan corak yang sesuai. Jangan memakai dua corak yang jauh berbeda dalam satu pakaian. Seperti misalnya baju floral dan rok stripe yang dua-duanya berwarna stabilo. Waaah.. kelihatan kayak pasar pagi tuh, Girls.. rame banget! :p

Jangan berpakaian terlalu mencolok. Tips terakhir ini untuk menjaga keamanan kamu, Sahabat! Jika sedang berada di tempat umum seperti misalnya angkot, pasar, atau jalan raya, jangan sampai berpakaian yang sangat mencolok. Memang, kehadiranmu akan lebih cepat disadari oleh orang lain. Cocok kalau kamu sedang janjian sama seseorang. Hehehe.. Tapi hal ini juga mengundang orang-orang jahat untuk mengincar keselamatan dan harta bendamu! Waaah.. bahaya banget kan!

Selain itu, saat ini kamu sudah memasuki masa-masa puber. Yang berarti, tubuh kamu sudah berbeda dari ketika kamu masih anak-anak. Apa aja sih yang berubah dari tubuh kamu saat menginjak masa puber? Kamu bisa baca di sini. Nah, lekuk tubuh perempuan dewasa ini pun dapat mengundang orang jahat untuk menjahili kamu, Sahabat.. Karena itu, kamu harus melindungi bagian-bagian tubuh pribadimu dengan cara berpakaian yang sopan. Baca informasi lebih lengkap tentang bagian-bagian intim dan cara melindungi diri di sini.

Mengingat bahaya dan risiko di atas, kamu harus ekstra hati-hati dan bijaksana dalam berpakaian ya!

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter