Tips Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Annyeong, Sahabat Femii! Pengen doong bisa berbahasa Korea dengan lancar? Biar nantinya kalau nonton Korean Variety Show, kamu bisa langsung ngerti tanpa harus pakai subtitle translate nya lagi deh hihi atau kalau nanti suatu saat kamu berkunjung ke negeri kincir angin ini, kamu sudah bisa berinteraksi langsung dengan warga lokalnya. Pengenkan? 

Sebenarnya, belajar Bahasa Korea itu nggak susah kok, asalkan didasari oleh niat yang kuat. Kalau sudah niat, berarti nggak ada lagi tuh kata malas dan mengeluh yaaa. Setelah itu, semangat! Semangat dalam arti kamu harus tetap konsisten untuk belajar secara berkala. Jangan mudah menyerah karena setiap orang mempunyai proses belajar yang berbeda-beda. Ada yang sudah bisa lancar berbahasa Korea dalam jangka waktu belajar yang singkat, dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mahir. 

Femii beberapa kali pernah denger dari Sahabat Femii, katanya kalau mau belajar Bahasa Korea itu mahal karena harus pergi ke suatu institusi untuk kursus. Pergi ke tempat kursus tentunya dapat dijadikan pilihan, tapi bukan berarti ketika terhalang oleh dana, kita nggak bisa belajar Bahasa Korea. Di zaman yang sudah ada mbah google kaya sekarang ini, nggak perlu worry lagi deh. Tinggal search aja deh apapun informasi yang kita butuhkan ke mbah google hihi. 

Nah, tanpa panjang lebar, Femii udah siapin nih tips buat kamu yang ingin belajar Bahasa Korea secara otodidak. Yuk mari disimak!

1. Dimulai dengan belajar mengenali Hangul

Hangul merupakan hal paling basic yang harus kamu kuasai, Sahabat! Karena Hangul itu ibaratnya Alphabetnya Bahasa Korea. Kalau kamu nggak mengenali Alphabet, gimana bisa kamu membaca, ya kan? Nah, cara yang paling mudah adalah dengan browsing huruf-huruf Hangul di google. Kalau kamu punya uang jajan lebih, boleh banget tuh buat kamu belikan buku. Biasanya di buku textbook, ada space khusus untuk kamu berlatih menulis hangul dan juga dilengkapi dengan CDnya. Jadi bisa sekalian belajar listening deh. Atau cara lainnya yang lebih fun adalah dengerin lagu KPop sambil ngeliat liriknya hihi. Ingat, jangan keasikan dengerin lagunyaaa, lihat hangul yang ada di liriknya ya Sahabat! Hihi.

2. Tingkatin kosa kata

Nah, yang kedua dan nggak kalah penting adalah memperbanyak kosa kata dalam Bahasa Korea, Sahabat! Gimana caranya? Yang pertama, bisa lewat panduan textbook hihi. Selain itu, kamu bisa belajar lewat website “Talk to Me in Korean”. Nah, di website ini, ada audio podcast nya juga, lho! Jadi, ibaratnya seperti pepatah sambil menyelam minum air. Sambil belajar ningkatin kosakata, sambil belajar pelafalannya juga deh. Cara lainnya, yang pasti lebih fun adalah dengan memperbanyak nonton K-Drama, Variety Show atau baca webtoon dalam Bahasa Korea.

3. Pelajari pelafalan sampai mirip dengan penutur bahasa aslinya! 

Nah, yang satu ini menjadi sangat penting setelah kamu belajar hangul dan memperkaya kosakata, pelafalannya pun harus dipelajari. Kamu harus benar-benar memperhatikan dan mendengarkan bagaimana penutur bahasa asli Korea menyebutkan satu kosakata sampai bagaimana mereka melafalkannya dalam 1 kalimat. Teknik belajar pelafalan yang paling mudah adalah dengan cara menirukan, Sahabat. Jadi, ketika kamu sedang nonton K-Drama atau pun dengerin musik, coba tiru bagaimana mereka berbicara dalam Bahasa korea. Simpel bukan?

Nah, itu dia beberapa tips bagaimana kamu bisa belajar Bahasa Korea secara otodidak, Sahabat! Kalau di lihat-lihat memang terlihat simpel. Tapi, kalau sudah diterapkan, pasti setiap individu akan merasakan tantangannya masing-masing. Selamat belajar, Sahabat! Hwaiting!

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE