Cegah Kanker Rahim Sejak Dini

 

Halo, Sahabat!

            Ada satu organ khusus yang hanya kita saja yang memilikinya. Iya, benar! Rahim!

Rahim merupakan salah satu organ vital tubuh kita yang berhubungan dengan kebutuhan reproduksi manusia. Karena perannya yang penting banget, kita perlu tau cara merawatnya dengan baik agar terhindar dari penyakit. Kali ini, Femii akan membahas bagaimana menjaga kesehatan rahim agar terhindar dari kanker. Hmm.. Kanker rahim bisa jadi merupakan salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak perempuan.

Satu hal yang perlu kamu tahu, kanker rahim itu berbeda dengan kanker serviks lho, Sahabat! Kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian mulut rahim. Sedangkan kanker rahim biasanya digunakan untuk menyebut kanker yang menyerang bagian tubuh rahim. Di artikel sebelumnya, Femii sudah pernah membahas tentang kanker serviks lho.. Cek di sini yaa.. Kali ini, Femii akan lebih fokus ke kanker rahim ya, Sahabat!

Penyebab kanker rahim belum diketahui dengan pasti, namun diperkirakan karena meningkatnya kadar estrogen. Biasanya, kanker rahim diidap oleh perempuan yang sudah menginjak masa-masa menopause. Namun ada kiat-kiat yang bisa kita lakukan untuk menghindari kanker sejak dini. Jangan menunggu nanti-nanti dalam proses pencegahan ini, Sahabat!

          Nah, berikut ini kiat-kiat untuk menjaga kesehatan rahim kamu sejak dini.

1. Jaga Kebersihan Vagina

Vagina merupakan jalur masuk utama menuju rahim yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Kebersihan dan kesehatannya menjadi faktor paling penting menjaga kesehatan rahim. Membersihkan vagina tidak harus dengan cairan pembersih dan talk. Karena penggunaan yang berlebih justru tidak baik untuk kesehatannya. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang kebersihan vagina, kamu baca artikel ini dan ini.

2. Perbaiki Pola Hidup

Kesehatan tubuh yang dijaga semenjak dini sangat mempengaruhi kinerja organ vital tubuh seperti rahim. Kamu harus memperhatikan asupan makanan, olahraga teratur, istirahat cukup, dan hindari stress. Jauh-jauh dari nikotin, rokok, alcohol, apalagi narkoba, Sahabat! Untuk mengetahui lebih jauh tentang pola hidup sehat, kamu bisa baca di sini.

3. Hubungan Seks yang Sehat

Kegiatan seksual haruslah disikapi dengan bijaksana, Sahabat.. Karena, kebanyakan masalah yang berhubungan dengan penyakit kelamin disebabkan oleh hubungan seks yang tidak sehat. Hubungan seks sebaiknya dilakukan setelah pernikahan, tidak dilakukan dengan berganti-ganti pasangan, dan lakukan hubungan ini saat usia sudah cukup dewasa, tidak terlalu dini. Kamu bisa lho, cari tahu gimana sih berhubungan yang baik dengan lawan jenis di artikel ini.

4. Awasi Penggunaan Hormon

 

Terkadang, ada terapi khusus yang mengharuskan seseorang mendapatkan injeksi hormon tambahan. Jika kamu mengalami hal ini, jangan ragu-ragu untuk konsultasi ke dokter dan mendiskusikan efek sampingnya.

 

Jaga kesehatan rahim kamu semenjak dini ya! Stay active, Sahabat!

 

Kecup sayang dari Femii.

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->