Pahami dan Lindungi Tubuh, Hindari Pelecehan

Perempuan itu makhluk yang spesial lho, Sahabat! Kita harus bersyukur dan bangga telah dilahirkan sebagai perempuan. Banyak hal dari diri kita yang unik dan bahkan keajaiban dari Tuhan! Seperti misalnya rahim kita yang bisa mengembang hingga ratusan kali lipat saat hamil dan bisa kembali ke ukuran normal setelah melahirkan. Waah.. Hebat kan? Itu masih satu contoh aja lho. Masih banyak hal lain yang menakjubkan ada pada diri kita.

Sebagai makhluk yang spesial, kamu juga harus merasa diri kamu itu istimewa, Sahabat. Keistimewaan ini harus kamu jaga dengan baik, untuk menjaga harga diri kamu seutuhnya sebagai seorang perempuan. Ceilee.. hehehe..

Tubuh kita pun unik dan menarik, Sahabat. Sehingga terkadang mata-mata nakal akan mengincarnya. Apalagi, semenjak mengalami masa puber banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita dan membuat kita lebih sempurna sebagai perempuan. Nah, apa saja bagian tubuh yang berubah itu? Kamu bisa cari tahu di artikel ini.

Karena itu, pertama-tama kita harus mengenali tubuh kita baik-baik hingga kita tahu bagaimana caranya menjaga dan memperlakukannya dengan benar. Hal ini dapat menghindarkan kita dari pelecehan dan perbuatan tidak bertanggung jawab lain.

Bagian tubuh mana sih, yang perlu kita perhatikan?

           Wajah merupakan bagian tubuh utama yang biasa terlihat orang lain.

 

Memiliki wajah yang cantik merupakan anugerah untuk kita ya, Sahabat! Dengan canggihnya teknologi dan internet, kita perlu waspada dan hati-hati apalagi dalam mengunggah foto kita. Selain melindungi privasi, lebih baik kita menghindar dari kejahatan digital.

                Bagian lain yang menarik dari perempuan adalah dada.

Menginjak remaja, payudara akan tumbuh. Karena itu, bisa dibilang payudara adalah bagian tubuh ‘baru’ bagi kita. Walaupun begitu, kita harus pandai-pandai menjaganya, Sahabat.. Apalagi, bagian tubuh ini sangat sensitif dan berkaitan erat dengan kontak seksual. Memakai pakaian yang tidak terlalu ketat dan terbuka adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk melindunginya jika sedang berada di tempat umum.

                Nah, bagian tubuh lain yang vital adalah sekitar organ reproduksi yakni perut, paha, bokong, dan tentu saja vagina.

 

Bagian ini amat sensitif jika disentuh dan biasanya terlibat langsung saat   kontak seksual. Selain menggunakan pakaian yang tertutup dan tidak ketat, kamu bisa mencegah tindakan pelecehan dengan selalu waspada.

Lalu, perbuatan apa aja sih, yang dapat disebut sebagai pelecehan?

Sebenarnya macam-macam pelecehan itu banyak, Sahabat.. Saat seseorang, entah itu laki-laki atau perempuan melakukan sesuatu terhadap tubuhmu atau memaksamu melakukan sesuatu yang membuatmu risih dan tidak nyaman, itu termasuk pelecehan seksual.

Sahabat harus hati-hati dengan seseorang yang memandangmu dengan tatapan mencurigakan, seperti tatapan lekat-lekat seakan menelusuri lekuk tubuhmu. Jika mendapati yang seperti ini, kamu harus segera menghindar ya!

Selain pelecehan dari pandangan mata, ada juga pelecehan secara verbal atau dengan kata-kata.

Terkadang kita tidak menyadarinya sebagai sebuah pelecehan. Padahal, meledek, berkata-kata kotor, menghina, dan mengata-ngatai adalah salah satu bentuk pelecehan loh! Apalagi jika itu membuatmu merasa terganggu.

Selanjutnya adalah pelecehan secara fisik, yakni dengan sentuhan, remasan, cubitan, ciuman, pelukan, atau tindakan lain yang dilakukan dengan paksaan baik secara halus maupun kasar. Kamu berhak dan wajib menolak jika hal ini terjadi. Minta tolonglah kalau perlu berteriak kepada orang lain saat kamu berada dalam posisi tersebut. Jangan takut, Sahabat.. Kamu harus segera menghubungi orang lain jika pernah diperlakukan tidak sopan seperti itu agar pelaku dapat ditindak oleh pihak berwajib.

Jika mengalami kejahatan seperti itu, kamu jangan ragu-ragu untuk membela diri ya, Girls.. Dan kejahatan itu tidak hanya dilakukan oleh orang asing. Bahkan orang-orang terdekat kita juga bisa melakukannya. Karena itu, kamu harus berhati-hati, waspada, dan segera bertindak ya!

Nah, kamu sudah paham kan, apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri dan tubuh kamu? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya, Sahabat!

 

Stay active, Sahabat!

 

 

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter