Yuk Hidup Sehat!

 

Mensana in corporesano!

Sahabat Femii tau nggak apa artinya? Yups, bener banget! Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat!

      Tubuh yang sehat merupakan poin utama yang perlu diperhatikan agar hari-harimu lancar, Sahabat.

Jika tubuh kamu sakit atau tidak berjalan sebagaimana mestinya, pasti kamu nggak bisa aktif seperti biasanya kaan? Ketika tubuh merasakan sakit, berarti ada metabolisme atau proses kerja dalam tubuh yang sedang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Nah, hal ini pun yang terjadi ketika haid kamu tidak datang teratur seperti biasa. Kamu belum tahu siklus haidmu? Cek di sini

          Siklus haid diatur oleh hormon tubuh. Jika metabolisme tubuh sedang tidak kondisi prima, hal tersebut mengakibatkan hormon juga tidak diekskresikan (dikeluarkan) dengan tepat. Hal ini menyebabkan siklus haid tidak teratur.

   Apa yang menyebabkan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik?

          Jika dirangkum, ada dua faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi, Sahabat! Yang pertama adalah faktor kelainan dan penyakit. Tubuh mengalami kegagalan fungsi dan menyebabkan metabolisme terganggu. Nah, faktor yang lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Dalam kasus ini, tidak ada kelainan atau penyakit, namun pola hidup yang buruklah yang menyebabkan metabolisme terganggu yang kemudian berakibat penyakit!

Dalam artikel kali ini Femii akan menjelaskan kepada kamu bagaimana sih caranya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat agar metabolisme tubuh terjaga.

Pertama-tama yang perlu kamu perhatikan adalah asupan nutrisi dalam tubuh.

       Sebisa mungkin makanan yang kamu konsumsi memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Di usia remaja, kita banyak membutuhkan protein dan lemak sebagai nutrisi pembangun, vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh, karbohidrat sebagai sumber energi agar hari-harimu tetap aktif. Hindari konsumsi kafein, junk food, serta makanan instan yang mengandung aditif berbahaya. Alkohol dan narkoba benar-benar kamu hindari, Sahabat! Pola makan juga penting untuk diperhatikan lho. Jangan karena terlalu aktif berkegiatan, kamu melupakan jam makan. Usahakan makan teratur ya..

                Selanjutnya adalah, kamu harus istirahat cukup.

       Tubuh yang aktif seharian harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Dalam sehari, kita butuh tidur paling tidak 7-8 jam. Jika kurang dari itu, tingkat konsentrasi akan menurun dan tubuh menjadi letih dan tidak waspada. Begitu pun dengan terlalu banyak tidur. Bukan malah baik, malah melemahkan metabolisme tubuh. Jangan memforsir tubuh terlalu keras yaa, kamu harus memahami kapasitas tubuh kamu sendiri. Hindari begadang, Sahabat.. apalagi dalam jangka waktu beberapa hari berturut-turut. Jika mengalami insomnia atau kesulitan tidur, kamu harus segera menghubungi dokter yaa..

                Olahraga teratur juga perlu banget digalakkan!

Jangan cuma bermalas-malasan, Sahabat.. tubuh kamu juga perlu dilatih agar kuat, tangkas, dan sehat. Tak jarang karena jarang bergerak, organ tubuh menjadi terganggu seperti jantung, paru-paru, dan otot tubuh. Usahakan olahraga secara teratur minimal 3-5 jam dalam satu minggu.

                Dan yang terakhir adalah jaga pikiran tetap bahagia!

Tingkat stres yang tinggi secara psikologis dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kinerja organ-organ tubuh lho.. Karena itu, jika ada persoalan jangan dipikirkan terlalu mendalam. Lebih baik bicarakan dan segera cari solusinya.

      Nah kaaan.. Sekarang sudah tahu kaan gimana caranya menjaga pola hidup yang sehat? Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa kamu aplikasikan agar tubuhmu sehat dan bisa tetap aktif berkegiatan.

 

Be happy and stay active, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->