Mengenal Keputihan

                Sahabat Femii pasti sudah banyak yang pernah mendengar istilah keputihan, kan? Keputihan memang kerap dialami oleh perempuan semenjak ia memasuki masa pubertas. Jika dijelaskan secara sederhana, keputihan adalah keluarnya cairan atau lendir dari vagina perempuan.

                Keputihan itu normal nggak sih?

                Nah, perlu diketahui bahwa vagina merupakan salah satu organ tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Vagina mengeluarkan cairan bening secara berkala, selain untuk membersihkan diri, juga untuk menjaga kelembaban dan PH yang seimbang. Lendir yang keluar dari proses ini tidak berbahaya kok, Sahabat! Ciri-ciri keputihan yang wajar dan normal adalah tidak berwarna atau bening dan tidak berbau menyengat. Selain itu, keputihan ini tidak disertai dengan rasa gatal dan perih pada vagina.

                Ketika beberapa hari sebelum menstruasi, terkadang vagina mengeluarkan lendir berwarna cokelat atau kemerahan. Lendir ini berasal dari bagian dinding endometrium yang meluruh. Jadi, selama lendir itu tidak ada keluhan pada vagina dan beberapa saat kemudian haid datang, keputihan tersebut masih bisa dianggap wajar, Sahabat..

                Lalu, keputihan yang nggak normal itu gimana?

                Jika vagina mengeluarkan cairan kental yang berwarna kuning, cokelat, abu-abu, hijau, hingga kemerahan, perlu diwaspadai nih. Apalagi, jika keluarnya cairan tersebut disertai dengan rasa panas, gatal, dan perih di vagina, dan nyeri di perut atau bagian sekitar vagina. Jika mengalami hal ini, kamu harus segera berobat ke dokter, Sahabat! Bisa jadi keputihan sejenis ini adalah gejala dari penyakit yang berbahaya. Jangan khawatir untuk pergi ke dokter ya, Sahabat!

                Penyakit keputihan ini bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus. Biasanya ditularkan melalui kebiasaan buruk berganti-ganti pasangan saat berhubungan seksual, kurang bersih dalam membilas setelah buang air, memakai celana dalam yang tidak tepat, hingga iritasi.

                Untuk itu, kamu harus memerhatikan kebersihan dan kesehatan organ reproduksi kamu, Sahabat.. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti memerhatikan kebersihan celana dalam dan pembalut dengan menggantinya secara berkala. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, agar tidak diinfeksi bakteri dari anus. Dan yang lebih penting, jaga pergaulan kamu dan hindari berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual. Untuk menjaga kebersihan organ reproduksi khususnya saat haid, kamu bisa baca artikel berikut ini

                Jika sudah dapat membedakan mana keputihan normal dan mana yang penyakit, kamu juga bisa mengatasi jika hal itu terjadi padamu kan, Sahabat?

                Stay active, Sahabat..

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE