Cara Mengatasi Nyeri Haid

Hai, Sahabat Femii!

Hiks..

Sakit banget ya, Sahabat.. kalo sedang nyeri haid. Bahkan terkadang nyeri ini bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Bawaannya pengen tiduran di rumah aja, sambil selimutan, nggak pengen ke mana-mana, apalagi melakukan aktivitas yang berat.

Waaah.. jangan sampai hal itu terjadi, Sahabat.. Haid jangan sampai menjadi halangan kita untuk tetap aktif.  Nah, di artikel sebelumnya klik di sini  Femii sudah pernah menjelaskan mengapa nyeri haid bisa terjadi. Kali ini, Femii akan memberikan tips untuk mengatasi nyeri haid yang mengganggu. Cekidot ya!

 

1. Jaga Asupan Makanan


Makanan merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga pola hidup sehat. Jika kamu sakit, bisa jadi kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Nah, untuk menghindari nyeri haid, hindari makanan yang banyak mengandung garam dan perbanyak makanan yang mengandung zat besi. Jangan lupa minum air putih ya, Sahabat! Kamu bisa membaca makanan yang bagus saat haid di artikel ini

 

2. Olahraga dan Istirahat

Aktivitas fisik juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi metabolisme tubuh. Kurang istrirahat dan jarang berolahraga menyebabkan tubuh kurang sehat dan rentan terkena sakit termasuk nyeri saat haid. Kurangi stress, istirahat teratur, dan perbanyak olahraga. Banyak lho olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri, seperti misalnya yoga

 

3. Kompres dengan Air Hangat

Jika sudah melakukan pencegahan, namun ketika haid masih merasakan nyeri, kamu bisa mengompres daerah perut atau pinggang dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk ‘mengelabuhi’ sensor sakit dengan menambahkan sensor panas, sehingga rasa sakit tidak akan terasa lagi.

4. Minum Feminax

Kamu bisa minum Feminax untuk mengatasi nyeri haid. Kandungan Parasetamol di dalamnya dapat menghalangi reseptor syaraf pusat untuk merasakan nyeri. Serta, ekstrak hiosiami di dalamnya dapat mengurangi kejang otor saat haid. Minum Feminax tidak menyebabkan ketergantungan kok.. karena tidak mengandung bahan-bahan adiktif. Selain itu juga tidak menyebabkan rahim kering karena Feminax tidak bekerja langsung denganalat reproduksi sehingga tidak menimbulkan efek samping secara langsung.

 

Nah, saat ini kamu sudah bisa mengatasi sakit saat sedang nyeri haid kan, Sahabat? Selamat mencoba yaa!

 

Salam, Femii.

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->