Ketahui Berbagai Penyakit Dari Jenis Cairan Vagina

Melalui cairan vagina, kamu bisa mendeteksi berbagai penyakit lho, Sahabat! Kamu juga harus tau kalau cairan vagina merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kesehatan organ intim wanita. Tapi sayangnya, masih banyak wanita yang malu dan enggan mempelajari lebih lanjut tentang berbagai macam cairan yang dikeluarkan oleh vagina. Yuk cari tau berbagai macam cairan yang dikeluarkan oleh vagina! Femii udah ngerangkumnya hanya untuk kamu nih hihi :D Mari kita simak!

1. Cairan putih/ keputihan

Kalau kamu menjumpai cairan putih, selamat Sahabat! Itu merupakan cairan normal. Cairan putih ini biasa kamu kenal dengan istilah keputihan. Fungsinya adalah membersihkan kelamin dari berbagai jenis bakteri dan sel kulit mati. Kalau kamu mendapati cairan seperti ini, berarti vagina kamu masih sehat dan berfungsi dengan baik.

Cairan putih lainnya, berwarna bening atau putih, tidak berbau, teksturnya kental dan lengket, mirip seperti cairan putih telur. Nah, jenis cairan seperti ini menandakan kamu sedang berada dalam masa subur, biasanya keluar setelah masa menstruasi. Cairan putih seperti ini masih sangat wajar lho, selama tidak berbau. Kalau mengeluarkan bau, segera periksakan ke dokter yaaa, Sahabat!

2. Cairan keruh

Kalau kamu menemukan cairan keruh dan disertai dengan bau amis yang menyengat, segera periksakan ke dokter, Sahabat! Apalagi kalau cairan ini bertambah lebih banyak setelah haid. Bisa jadi cairan ini menandakan kamu sedang mengidap infeksi bakteri vagina.

Cairan keruh lainnya yang harus kamu waspadai adalah cairan keruh yang bertekstur sangat kental dan terlihat seperti gumpalan. Jika kamu menemukan cairan tersebut, itu berarti sedang terjadi infeksi ragi pada vagina kamu. Infeksi ini disebabkan oleh jamur yang membuat vagina kamu terasa gatal dan perih. Infeksi ini bisa disembuhkan dengan salep anti jamur ya, Sahabat! Tapi ingat yaa, harus konsultasikan dulu keluhanmu ke dokter agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat ;)

3. Cairan kekuningan

Jika cairan yang keluar berwarna kekuningan, kamu harus berhati-hati, Sahabat! Apalagi kalau terasa nyeri di area vagina dan kamu sulit menahan pee. Mungkin saja, kamu mengidap penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, ada kemungkinan kamu mengidap penyakit gonore. Penyakit ini biasanya ditandai dengan pendarahan yang terjadi saat kamu sedang tidak haid. Nah, kalau kamu menemukan gejala-gejala tersebut segera ke dokter yaa.

4. Cairan kuning kehijauan

Cairan berwarna hijau merupakan ciri khas penyakit Trikomoniasis, Sahabat! Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit. Ditandai dengan cairan berwarna kuning agak kehijauan, berbusa dan berbau tak sedap. Hal lainnya, yang kamu rasakan adalah nyeri dan gatal pada saat pee. Penyakit ini bisa diredakan dengan mengkonsumsi antibiotik dari resep dokter.

Selain penyakit trikomoniasis, bisa jadi cairan berwarna kuning kehijauan itu menandakan gejala penyakit herpes genital, lho! Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan kekuningan yang disertai dengan bau tidak sedap. Gejala lainnya, ditandai dengan munculnya luka atau nanah di sekitar vagina kamu. Nah, untuk meredakan gejalanya, kamu bisa minta resep ke dokter agar terhindar dari virus-virus yang bisa menimbulkan penyakit di vagina kamu ;)

5. Cairan kemerahan / kecoklatan

Cairan kemerahan atau kecoklatan yang keluar dari vagina biasanya disebabkan oleh luruhnya dinding rahim, Sahabat! Hal ini biasanya terjadi di masa nifas pada ibu yang baru saja melahirkan. Tapiiii, kalau kamu mengalami keputihan bercampur darah atau pendarahan di luar masa nifas, kamu harus buru-buru periksakan ke dokter agar dapat penanganan yang tepat.

Nah, itu dia berbagai macam cairan yang keluar dari organ intim wanita, Sahabat! Agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas, yuk mulai merawat dan memperhatikan organ intimmu! Jangan lupa ganti pakaian dalam kamu 3x sehari, pastikan area organ intim kamu kering dan 1 lagi, selalu gunakan celana dalam berbahan katun, ya Sahabat! :D

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE