Menjaga Kebersihan Saat Haid

Halo Sahabat!

"Satu bulan sekali, sebagai perempuan kita pasti akan mengalami masa haid selama kurang lebih satu minggu. Nah, pada masa-masa itu tak jarang kita merasa risih dengan tubuh kita sendiri. Ya nggak? "

Entah itu merasa khawatir tembus, merasa ‘kurang bersih’, tidak nyaman melakukan aktivitas karena nyeri haid, dan ribet masalah kebersihan. Hmm.. padahal haid tidak seharusnya membatasi aktivitas kita lho, Girls.. Untuk mengatasi nyeri haid yang mengganggu, kamu bisa minum Feminax obat nyeri haid, Sahabat. Mengenai kebersihan saat haid, kamu bisa membaca lebih lanjut artikel berikut.

Di beberapa adat yang belum modern, perempuan yang menstruasi bahkan dikucilkan dari pergaulan karena dianggap kotor. Mereka tidak diperbolehkan melakukan aktivitas seperti mencuci, memasak, dan berkumpul dengan orang-orang yang mereka sayangi. Hmm.. masa sampai begitu ya?

Sebenarnya perempuan yang menstruasi tidak segitu kotornya hingga harus dijauhi kok. Badan kita sama seperti saat tidak menstruasi. Bedanya, daerah kewanitaan mengeluarkan darah. Dan jika kebersihan daerah kewanitaan dijaga dengan baik, kita tetap bisa terlihat seperti perempuan yang tidak menstruasi kok.

Berbicara tentang kebersihan saat haid, Femii punya beberapa tips nih yang bisa kamu perhatikan agar selama haid tetap merasa nyaman dan terus aktif.

1.  Perhatikan Kebersihan Pembalut

Jangan lupa mengganti pembalut 3-4 kali sehari ya, Sahabat... Pembalut yang kotor adalah tempat bersarangnya banyak bakteri. Sehingga, jika tidak secara berkala diganti, bakteri akan berkembang dan membuat daerah kewanitaanmu bermasalah. Hiiiy.. jangan sampai ya, Girls!

Pemilihan pembalut juga merupakan hal yang krusial lho, Sahabat! Kamu harus benar-benar bisa memilih pembalut yang tepat untuk kamu. Kesalahan memilih pembalut bisa berakibat iritasi kulit, alergi, hingga penyakit kulit dan infeksi. Serem kan? Karena itu, sebaiknya kamu memilih pembalut yang memiliki permukaan halus dan berdaya serap tinggi agar daerah kewanitaan tetap kering dan tidak lembab. Keadaan lembab membuat bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan iritasi.

Pemakaian pembalut yang berbahan gel harus mendapatkan perhatian khusus ya.. Kamu harus berhati-hati, karena jika gel keluar saat membersihkan pembalut, darah akan turut keluar menggumpal dan itu yang menyebabkan tidak higienis.

Usahakan membuang pembalut dalam keadaan rapi dan bersih yaa.. Kamu  bisa melipat atau menggulungnya dengan rapi, membungkusnya dengan kertas, kemudian memasukkan ke kantung plastik dan dibuang di tempat sampah. Jangan sekali-kali membuang di closet kamar mandi, lho Girls..

2.  Cara Membersihkan Vagina

Sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan cairan pembersih vagina, Sahabat.. Karena vagina sudah mengeluarkan cairan alami yang biasanya keluar bersama kotoran. Untuk membersihkan daerah kewanitaan, kamu cukup membersihkan daerah luar vagina, menggunakan sabun mild atau sabun yang lembut dan PH yang tidak terlalu tinggi. Gosok perlahan dan jangan sampai busanya masuk ke dalam vagina ya.. Bersihkan vagina dari depan ke belakang, Sahabat, agar bakteri dari anus tidak masuk ke dalam vagina.

3.  Tips Mencuci Celana Dalam

Ketika saat haid, tak jarang celana dalam kita lebih kotor dari biasanya karena ada bercak darah yang menempel atau tembus. Kadang sebel juga ya, ketika noda darah sulit untuk dihilangkan.

Kamu bisa mencuci celana dalam menggunakan air hangat agar bercak darah lebih cepat hilang. Tambahkan sabun mandi atau sabun mild, jangan menggunakan detergen karena akan mengubah sifat dari celana dalam dan berpengaruh terhadap daerah kewanitaanmu. Rendam selama setengah jam, baru kemudian cuci menggunakan tangan.

 

Nah, sekarang kamu tidak khawatir lagi kan, mengenai kebersihan diri khususnya di dearah kewanitaan saat sedang haid.

Oh ya, kalau sedang haid usahakan kamu rajin mandi dan keramas ya. Mitos yang mengatakan bahwa kamu dilarang keramas saat haid itu salah lho.. Tubuh kita menghasilkan keringat dan minyak berlebih saat menstruasi, maka dari itu dianjurkan untuk rajin mandi dan keramas. Kamu bisa membaca lebih lanjut mengenai mandi saat haid di sini.

Tetap semangat beraktivitas ya, Sahabat! Haid, siapa takut?

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->