Mandi Saat Haid

Byuuuur… Byuuuur…  Hmm..

Seger banget nih, Sahabat.. mandi saat menstruasi.

" Selain membersihkan badan, mandi saat menstruasi bisa mengurangi nyeri dan menghilangkan ketegangan otot lho.."

Ketika sedang menstruasi, kadang kita merasa tubuh kita kotor dan tidak nyaman ya! Hmm.. rasanya risih gitu ya.. Kebersihan dan higienitas saat menstruasi memang harus kita jaga dengan baik lho.. Agar tubuh kita tetap bersih dan bugar. Kamu bisa membaca selengkapnya kebersihan saat menstruasi di sini.

Mandi dan keramas saat menstruasi itu tidak dilarang, bahkan diharuskan! Ketika menstruasi, hormon dalam tubuh kita menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat dan minyak yang lebih banyak daripada biasanya. Maka dari itu, kotoran dan bakteri mudah sekali hinggap di tubuh kita. Hiiiiy.. masih nggak mau keramas dan mandi saat menstruasi?

Untuk menjawab kegelisahanmu selama ini mengenai mitos mandi dan keramas saat haid, nih Femii kasih beberapa tips. Walaupun ritual mandi dan bersih diri selama haid terbilang agak lebih panjang, namun enggak ribet kok, Sahabat.. Asalkan kamu tahu triknya. Yuk Simak tips dari Femii berikut ini!

1. Mandi Pakai Air Hangat

Selama haid, Femii sarankan kamu mandi menggunakan shower atau gayung dan tidak disarankan mandi menggunakan bath tub agar kotoran ikut terbuang langsung bersama dengan air. Lebih baik kamu mandi air hangat, Sahabat.. Apalagi jika kamu mengalami nyeri haid. Air hangat bisa membantu melenturkan otot serta merilekskan tubuh kamu, sehingga seusai mandi kamu merasa lebih segar dan siap kembali beraktivitas. Jika nyeri kamu masih berlanjut, setelah mandi air hangat, kamu bisa mengonsumsi obat nyeri haid Feminax, Sahabat!

 

2. Keramas saat Haid

Kamu boleh kok keramas saat haid.. Jangan mengurangi apalagi menghentikan aktivitas keramas saat menstruasi. Kulit kepala menghasilkan lebih banyak keringat dan minyak yang pastinya mengundang ketombe dan penyebab gatal. Rambutmu juga menjadi lebih ringan dan terbebas dari bad hair day. Bisa meningkatkan percaya diri kamu nih!

 

3. Membersihkan Daerah Kewanitaan Saat Mandi

Ketika menstruasi, kebersihan area kewanitaan menjadi concern utama kita ya, Sahabat.. Sebenarnya ritual ini tidak begitu rumit dan ribet kok. Nah, gimana sih baiknya membersihkan daerah kewanitaan? Simak yaa!

  • Bilas area kewanitaan, hilangkan berkas darah yang tersisa. Kamu bisa menggunakan sabun yang lembut dengan PH yang sesuai. Jangan sampai sabun yang mengandung desinfektan masuk ke bagian dalam vagina. Cukup bagian luarnya saja, dan gosok dengan halus sampai ke bagian sekitar hingga anus. Bersihkan dari depan ke belakang.
  • Setelah mandi seperti biasa, gunakan paper towel untuk mengeringkan daerah kewanitaan kamu. Jepit paper towel dengan paha kamu, sambil menyiapkan pembalut dan celana dalam
  • Pakai celana dalam dan buang paper towel ke tempat sampah. Ohya, usahakan memakai celana dalam dan pembalut yang sesuai dengan kebutuhan kamu yaa.. Selain pilih yang lembut dan tidak membuat lembab, kamu harus menggunakan pembalut yang nyaman dan cocok dengan aktivitas kamu. Misalnya pembalut yang lebih lebar saat tidur dan pembalut tipis saat kamu beraktivitas. Usahakan memilih celana dalam berbahan katun dan tidak ketat, serta dapat mencover daerah pinggulmu agar dapat menopang pembalut dengan kuat. Jangan menggunakan sejenis G-string atau yang minimalis.
  • Ohya, jangan lupa membuang pembalut dengan benar ya, Sahabat! Gulung atau lipat kemudian bungkus dengan kantung kertas dan buang di tempat sampah

 

Nah, sekarang sudah tidak ragu lagi untuk mandi saat menstruasi kan, Sahabat? Walaupun sedang menstruasi, kita harus tetap berpenampilan kece, pede, dan oke kan, Giiirls?? Yeay!

 
    Share to Facebook Share to Twitter