Istilah-Istilah Yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai KPopers

Aloha Sahabat! Jadi Kpopers itu memang menyenangkan ya! Ada beberapa istilah khusus yang sering digunakan oleh sesama Kpopers. Kadang Femii juga suka lupa loooh salah satu istilahnya. Tapi, tenaaanggg Femii udah buatin buat kamu semua istilah-istilah para Kpopers lengkap dengan penjelasannya, yuk simak!

1. Bias

Bias ini merupakan istilah untuk menyebut member terfavorit kamu di idol grup. Misalnya kamu suka banget Sehun, salah satu member EXO, nah itu berarti Sehun adalah bias kamu hihi

2. Leader

Sesuai dengan arti harfiahnya, leader dalam istilah Kpop adalah pemimpin grup. Biasanya, member yang paling tua dan memiliki jiwa pemimpinlah yang menjadi leader dalam grup tersebut. Ohya, satu lagi, pemilihan leader dalam idol grup biasanya dipilih langsung oleh agensi, lho Sahabat!

3. Maknae

Ini menurut Femii cukup unik, Sahabat! Karena member yang termuda di dalam idol grup punya sebutan nama tersendiri hihi ya, sebutannya adalah maknae. Gemes yaa!

4. Sonbae

Dalam Bahasa Korea Sonbae berarti senior, Sahabat! Dan biasanya, Sonbae digunakan oleh idol grup yang lebih muda untuk memanggil idol grup yang sudah senior.

5. Hobae

Nah, kalau Hobae merupakan kebalikan dari Sonbae, ini merupakan panggilan untuk idol grup yang baru saja debut.

6. Fandom

Femii yakin banget nih kamu semua sudah tau apa itu fandom hihi. Fandom adalah singkatan dari Fans Kingdom. Nah, setiap idol grup di Korea pasti punya nama Fandom masing-masing. Uniknya lagi, setiap nama fandom itu punya makna filosofis, lho Sahabat!

7. Aegyo

Kalau bias kamu bertingkah lucu dan cute, cocok banget disebut aegyo. Jadi, Aegyo itu merupakan sebutan untuk tingkah laku idol yang cute dan juga lucu. 

8. Anti Fan

Kebalikan dari Fans, Anti Fan adalah mereka yang membenci idol grup. Fufufu kenapa harus ada Anti Fan, ya Sahabat!

9. Sasaeng

Sasaeng merupakan sebutan untuk fan fanatik idol grup. Berbeda dengan anti fan yang hanya membenci atau meninggalkan komentar kasar, Sasaeng fan tak segan untuk melakukan hal gila seperti menelpon dan mengikuti idol agar mendapat perhatian dari idol mereka. 

10. Fan War

FanWar adalah perselisihan atau pertengkaran antara dua fandom yang berbeda, Sahabat! 

11. Comeback 

Comeback adalah istilah untuk idol grup yang kembali dengan karya baru mereka. Nah, saat-saat comeback inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para fandom hihi.

12. Trainee

Sebelum bergabung dalam sebuah grup atau menjadi penyanyi solo, para idol harus lebih dulu menjalani pelatihan atau yang sering disebut trainee dalam jangka waktu tertentu. 

13. Debut

Debut ini bisa dibilang jadi impian semua trainee, Sahabat! Debut adalah saat di mana idol diorbitkan dan tampil di atas panggung sebagai idol dan bisa menghasilkan karya mereka sendiri.

14. All Kill

All kill ini merupakan predikat yang diberikan untuk tangga lagu yang berhasil menduduki posisi pertama di enam chart harian utama situs musik di Korea dalam waktu bersamaan sekaligus. Keenam situs tersebut adalah Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

15. FanChant

Setiap nonton Konser Kpop, pasti kamu dengar sahutan-sahutan fans di sela-sela nyanyian mereka. Nah, itu disebut Fanchant! Fanchant adalah nyanyian yang dinyanyikan langsung oleh para fans pada saat konser. 

16. Hwaiting!

Hwaiting merupakan istilah penyemangat untuk menyemangati idol dan idol grup. Kata hwaiting ini berasal dari kata fighting, lho! 

17. The Big 3

The Big 3 adalah istilah yang digunakan para KPopers untuk menyebut 3 agensi terbesar yaitu: SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment.

18. Daesang

Daesang adalah penghargaan utama dalam sebuah acara penghargaan musik, seperti Mnet Asian Music Award, Melon Music Awards dan lainnya.

19. Chaebol

Chaebol merupakan istilah yang digunakan fans untuk mereka yang berasal dari keluarga super kaya di Korea Selatan. Beberapa idol Kpop berasal dari keluarga Chaebol, lho Sahabat. Seperti: Siwon Super Junior dan Sooyoung SNSD.

20. Black Ocean

Black Ocean merupakan salah satu aksi boikot yang dilakukan oleh satu atau beberapa fandom dengan mematikan lightstick saat idol tertentu tampil di atas panggung. Bukan hanya mematikan lightstick, lho Sahabat! Nggak cuma itu, para fandom bakalan diam selama idol mereka tampil. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa tidak suka mereka terhadap idol grup tersebut.

21. Oppa, Hyung, Nuna, Eonni

Kalau di Korea Selatan, usia merupakan hal terpenting, Sahabat! Seseorang yang lebih muda wajib memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan Oppa, Hyung, Nuna, atau Eonni. Oppa adalah panggilan untuk pria yang lebih tua dari perempuan, hyung adalah panggilan untuk pria yang lebih tua dari pria. Sedangkan nuna adalah panggilan untuk perempuan yang lebih tua dari pria lebih muda. Terakhir ada eonnie yaitu panggilan untuk perempuan yang lebih tua dari perempuan lebih muda.

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE