Mitos Seputar Menstruasi

Hi Sahabat Femii !!

Mau denger dongeng? Ayo, kita simak dongeng alias mitos seputar menstruasi! Sebenarnya buanyaaaaak banget (kalau search di Mbah Google, dia bisa kasih kamu lebih dari 3 ribu result), tapi ini Femii coba pilihin yang kira-kira paling menarik yaaa... yuuuk!

  1. Jangan olah raga kalau lagi mens, kalau bisa tidur aja seharian. Waah, ini jelas dari dulu udah Femii tentang. Olah raga rutin justru membuat tubuhmu lebih fit dan lebih siap untuk menghadapi masa menstruasi dan mengurangi rasa nyeri di masa itu. Kalau pun nyerinya mengganggu banget, bisa minum Feminax. Sleeping Beauty aja ogah tidur melulu, apalagi kita-kita yang aktif ini! :p
  2. Selama menstruasi tidak bisa hamil. Sahabat Femii, mungkin ini belum terpikirkan tapi perlu kita ketahui sedini mungkin. Selama menstruasi rahim kita tetap bisa menghasilkan sel telur (ovulasi), jadi masih memungkinkan untuk hamil. Di umur kita, ini resiko yang sangat membahayakan masa depan kita.
  3. Haid datang setiap 28 hari pas. Sebenarnya ini berbeda di tiap wanita, bahkan terkadang pada orang yang sama bisa sedikit bervariasi (beda sehari dua hari). Untuk yang baru mulai menstruasi siklus ini masih belum stabil, tapi nantinya akan sangat stabil. Femii bantu dengan kalender ini yaa!
  4. Selama mens kita kehilangan banyak darah, jadi harus banyak-banyak istirahat. Sahabat, bedakan antara malas-malasan dan pola tidur & istirahat yang cukup (ini penting!). Kalau tentang kehilangan darah, haid yang wajar itu sebenarnya cuma membuang sekitar 4 sendok makan darah selama periode menstruasi koq. Jadi tenang aja, ga separah digigit vampir koq, Bella aja selamat setelah darahnya diisep Edward Cullen kan?
  5. Minum Feminax untuk meredakan nyeri bisa membuat peranakan / rahim kering? Feminax bisa membuat ketergantungan? Wah dua hal ini juga tak mungkin. Pertama istilah ‘rahimkering’ sendiri tidak tepat, alasannya akan Femii berikan di artikel lain ya! Lalu Feminax itu sebenarnya bekerja pada sistem saraf pusat, justru tidak berpengaruh pada rahim / peranakan. Kedua, menanggapi tentang ketergantungan, Feminax tidak mengandung bahan-bahan yang bersifat candu. Jadi, tidak akan membuat kertergantungan ya! Lagipula, mungkin lebih tepatnya kita bisa menyebutkan bahwa Feminax menjadi kebutuhan kita ketika rasa nyeri haid itu datang. Nah, berarti sekarang kita tahu dong perbedaan antara kebutuhan dan ketergantungan.
  6. Ga boleh keramas waktu lagi menstruasi. Iiiiih, makin gerah kali! Yang satu ini benar-benar cuma mitos belaka. Bayangin kalau rambut sepanjang Rapunzel ga dicuci selama berhari-hari, gawat dong! Justru dengan mandi dan keramas kamu akan merasa segar dan pede semasa mens.
  7. Minum soda bikin cepat kelar dan bersih. Seandainya benar enak juga kali ya minum soda gembira sekalian lancar mens, sayangnya tidak Sahabat Femii :( lancar mens yah tetap minum Feminax Lancar Haid :D
  8. Ada pantangan makanan selama menstruasi. Nah mirip sama nomor sebelumnya.. Sahabat Femii, sebenarnya kamu makan apa saja ketika haid itu masih tidak apa-apa, hanya saja memang kandungan kafein berlebihan dan lemak tinggi secara umum memang kurang baik, apalagi ketika kamu perlu 100% fit melalui masa haid. Kalau sepotong dua potong gorengannya mama ya masih boleh lah kamu makan meskipun haid. Asalkan kamu jangan sembarangan menerima makanan dari orang tidak dikenal saja... jangan seperti Putri Salju kejebak apel beracun ya!
  9. Wanita mudah terkena flu waktu menstruasi, jadi hindari minuman dingin. Aduh, lagi-lagi tentang makanan... daya tahan tubuhmu ya tergantung pola hidupmu secara umum, tapi memang kalau sudah keburu flu ya repot juga menstruasi ditambah flu, kalau sudah begini baru deh kamu harus menghindari minuman dingin. Lucunya lagi ada yang bilang minuman dingin bisa membuat mens "mampet" karena beku, pastinya ini juga salah karena sedingin-dinginnya es krim tidak akan menembus dari sistem pencernaan ke rahim. Putri Elsa dari film Frozen aja bisa ketawa kalau dengar ada yang percaya sama mitos ini
  10. Terakhir, ada yang bilang bahwa kalau lagi mens wanita itu "kotor", jadi jangan masak atau jangan menyentuh sayur nanti busuk. Sahabat Femii, memang waktu mens ada hal-hal yang harus lebih kamu perhatikan, seperti cara mandi yang praktis, bawa pembalut, Feminax, dan lainnya, tapi bukan berarti seluruh tubuh kamu kotor. Kamu masih boleh koq masak, keluar rumah, atau berinteraksi dengan orang dan benda lain.

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE