Keputihan: Normal Ngga Sih?

Hi Sahabat Femii !!

Untuk kita yang manis dan sedang mekar-mekarnya di masa puber ini banyak hal yang kita harus tahu. Jangan sungkan kalau memang perlu dibahas sama mama, teman, atau bahkan dokter.

Kali ini kita mau bicara tentang Keputihan. Apa sih itu? Intinya sih cuma tentang cairan atau lendir keluar dari area "Miss V" kita. Keputihan sebenarnya ada 2, singkatnya, ada yang normal tapi ada juga yang memang bermasalah. Coba kita lihat apa yang masih OK dan tidak OK

NORMAL:

  • Vagina mengeluarkan cairan atau lendir beberapa hari sebelum atau sesudah menstruasi, atau malah sampai beberapa bulan sebelum menstruasi pertama pun bisa jadi, jadi jangan panik ya!
  • Cairan ini bening, tidak lengket dan encer. Cairan ini juga tidak berbau, hanya mungkin sedikit bercampur aroma badan kita.

WASPADA! Segera temui dokter bila:

  • Cairan tersebut berwarna putih susu, abu-abu, kehijauan, atau bahkan bercampur darah
  • Cairan tersebut berbau menyengat
  • Cairan tersebut menyebabkan rasa gatal, rasa perih terbakar

 

Memang sih kebersihan itu kunci kesehatan, termasuk untuk Miss V kita, tapi ingat bahwa daerah vagina juga perlu tingkat keasaman (pH) yang pas dan (jangan kaget) memang ada "bakteri baik"-nya. Jangan membersihkan bagian dalam vagina dengan antiseptik yang terlalu kuat; air dan sabun cukup koq. Kalau memang kamu sedang mengantisipasi haid pertamamu, saran Femi ... kamu pakai saja cairan pembersih dengan pH yang sudah disesuaikan dan siap-siap Feminax di tasmu kalau-kalau muncul rasa nyeri.

Dan terakhir, kebersihan baju juga penting tuh! Hindari pemakaian baju dalam yang terlalu ketat dari bahan sintetis yang bisa menyebabkan area vagina menjadi terlalu lembab. Bila sedang mengalami keputihan yang agak banyak, gantilah baju dalam minimal tiga kali sehari.

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE