Kenapa sih Haid Sakit?

Hi Sahabat Femii !!

Sebel ga sih sama rasa nyeri pas haid?! iiiiiih! Kenapa sih menstruasi itu harus sakit ya?

Yah, kalau penjelasan medis saat ini sih katanya begini...

Walaupun menstruasi itu berdarah, tapi sebenarnya rasa sakit yang timbul itu bukan karena ada luka. Proses pelepasan darah itu sendiri tidak menyakitkan. Yang sakit justru rasa kramnya, atau yang disebut dysmenorrhea. Rasa nyeri ini paling sering dialami gadis selama tiga tahun pertama sejak menstruasi pertamanya, tapi berita baiknya, ini akan makin berkurang seiring usia bertambah.

Nah pertanyaan selanjutnya: Kenapa sih kram?

Para ahli menyimpulkan bahwa rasa kram itu disebabkan oleh kelebihan hormon prostaglandin. Hormon ini menyebabkan otot uterus berkontraksi (semestinya berguna ketika melahirkan), sehingga bila berlebihan dan berlangsung lama akan membuat aliran darah ke uterus terhambat dan akhirnya terasa sakit :(   uuuh! Jadi ngga mood ngapa-ngapain ya! Tapi tenang! Femii udah sering kan bahas bahwa sebenarnya justru kamu harus AKTIF! Makin pasif justru resiko rasa nyeri bertambah. Jadi tetap beraktifitas seperti biasa dan kalau nyeri yah glek aja Feminax :)

Ada juga yang pernah tanya Femii apakah Feminax bisa membuat rahim / peranakan kering dan menyebabkan ketergantungan. Pertama, iIstilah ‘rahim kering’ ini pun sebenarnya sudah tidak tepat, alasannya nanti Femii bahas di artikel yang lain ya! Tapi supaya kamu tenang,  Feminax itu sebenarnya bekerja langsung di sistem saraf pusat, sistem saraf itu yang mengirimkan rasa sakit ke otak, maka jalurnya ke otak itulah yang diredam, bukan rahimnya yang dituju. Jadi jelas rahim / peranakan aman. Kedua, mengenai ketergantungan, begini Sahabat, kandungan obat dalam Feminax itu tidak ada bahan-bahan yang bersifat candu atau membuat ketergantungan lho. Memang, Femii mengandalkan Feminax banget ketika rasa nyeri haid itu datang. Tapi 'mengandalkan' itu kan beda sama 'kecanduan'.

OK, kembali ke prostaglandin! Hormon ini sendiri buanyaaak jenisnya, dan sebagian besar memang menyehatkan. Tapi ketika masa haid, beberapa jenis prostaglandin yang biasanya baik justru jadi jahat. Jadi untuk sekarang kita sebut dulu itu " prostaglandin jahat", tapi ingat yaa, di luar masa haid mereka baik koq, jadi jangan parno juga.

Makanan tertentu bisa meningkatkan hormon prostaglandin jahat, yaitu semua yang mengandung kafein (kopi, teh, coklat, dan beberapa jenis softdrink) dan lemak jenuh (produk susu dan daging merah).

Lawannya prostaglandin jahat adalah asam lemak Omega-3. Ini pernah Femii bahas di artikel tentang diet sehat kala haid.

Jadi pencegahan terbaik untuk rasa sakit/nyeri kram menstruasi adalah dengan pola hidup yang sehat, baik dari segi olah raga, makanan, dan pola tidur. Tubuh yang fit lebih siap untuk menghadapi masa menstruasi. Pola hidup sehat jangan pas mens saja, tapi setiap hari!

Kalau sudah keburu sakit ya minum Feminax, istirahat dulu sejenak, lalu lanjutkan aktifitas seperti biasa. Dan di penghujung hari, setelah selesai semua aktifitasmu, bisa dicoba dengan mengkompres hangat perut sambil tiduran dan santai.

Solusi "sekunder" adalah dengan menciptakan mood yang baik. Kan pas haid mood kita naik turun tuh, jadi kadang rasa sakit itu makin terasa karena perasaan kita juga lagi ngga enak. Untuk menaikkan mood sih, tiap orang beda-beda, tapi konon mandi air hangat sambil perawatan kulit dan rambut bisa membuat segar dan pede. Ada juga yang menyarankan beraktifitas sesuai hobby, apalagi bersama teman-teman, pasti asik!!

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE