WASPADA GEJALA ENDOMETRIOSIS, YANG MENGINTAI PARA CEWEK!

Siapa yang pernah dengar istilah endometriosis nih, Sahabat? Endometriosis ini merupakan suatu kelainan, di mana adanya jaringan rahim yang berada di luar dari rahim. Biasanya posisi endometriosis ini terdapat pada organ-organ di dalam rongga panggul atau pelvis, salah satunya di dalam indung telur. Nah, gejala endometriosis ini umumnya bisa dikenali atau dirasakan. Apa aja sih gejalanya? Yuk, kita cari tau agar bisa lebih waspada!

1. Nyeri Haid yang Sangat Menyiksa

Dikutip dari familyshare.com, nyeri haid parah bisa jadi salah satu gejala endometriosis, lho! Karena jaringan yang terbentuk di luar rahim, bisa mempengaruhi jaringan dan otot-otot yang membuatnya menjadi tidak fleksibel, bengkak, bahkan menyebabkan inflamasi. Jadi, kalau setiap bulan kamu sering merasakan kram perut yang sangat menyiksa dan menyakitkan, waspada gejala endometriosis ini, ya!

2. Durasi Haid Panjang

Dokter Tamer Seckin (pendiri dan kepala medis Endometriosis Foundation of America), menjelaskan bahwa durasi haid itu normalnya nggak lebih dari enam hari. Sementara kalau memiliki endometriosis, durasi haid bisa lebih lama dari itu, Sahabat!

3. Susah Hamil

Sekitar 30-40% wanita yang mengidap endometriosis, biasanya akan sulit memiliki anak. Bahkan rasa sakit saat berhubungan intim, juga bisa menjadi salah satu gejala endometriosis.

4. Nyeri Punggung

Nyeri punggung mungkin sering dirasakan saat haid melanda. Tapi wanita yang mengidap endometriosis, nyeri punggung bisa berlangsung sebelum, selama, bahkan hingga setelah haid, lho. Nah, kamu juga harus waspada kalau merasa nyeri dibagian dada, apalagi sampai batuk darah!

5. Gampang Capek

Saat haid melanda, tubuh biasanya lebih gampang capek ya, Sahabat? Tapi kalau kondisi gampang capek ini sering kamu rasakan dan disertai dengan perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan, bisa jadi kamu mengidap endometriosis ini, lho!

6. Menometroragia

Menometroragia juga salah satu gejala endometriosis, Sahabat! Menometroragia adalah pendarahan yang keluar dari Vagina tanpa ada hubungannya dengan siklus haid. Perhatikan siklus haidmu dengan teratur, untuk memastikan gejala ini, Sahabat!

 

Sahabat, jadi udah tau kan apa aja gejala umum dari endometriosis? Nah, kalau salah satu gejala di atas pernah kamu alami, segera periksakan diri ke dokter, ya! Karena mengetahui lebih awal justru lebih baik, dari pada dibiarkan lebih lama.    

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE