Tubuhku Dulu Tak Begini

Sahabat, pernahkah kamu mematut diri di cermin berlama-lama? Atau memerhatikan tubuhmu sendiri hingga lekuk terkecil saat mandi? Terkadang timbul perasaan was-was yaa saat tubuh mengalami perubahan. Kali ini perubahannya nggak main-main, bukan perubahan rambut dari panjang menjadi pendek karena habis potong rambut. Atau kulit yang dulunya putih sekarang jadi item karena kebanyakan main layangan lho! Hehe..

"Saat menginjak usia pubertas, yakni sekitar 9-11 tahun, tubuh kita memang akan mengalami perubahan, Girls.."

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Hormon ini akan memicu organ-organ tubuh untuk mempersiapkan diri menjadi matang secara seksual. Nah, dalam diri kita akan ada perubahan sekunder dan perubahan primer. Wah apa tuh? Nih, Femii jelaskan!

Perubahan Sekunder adalah perubahan fisik yang terjadi pada diri kita dan bisa diamati dengan jelas, di antaranya adalah:

1. Payu Dara Tumbuh

Waah, perubahan ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Semua perempuan yang sehat akan mengalami pertumbuhan payudara saat pubertas. Walaupun begitu, terkadang perubahan besar yang terjadi pada dada kita sedikit membuat resah karena terasa sakit dan mengencang. Tidak usah khawatir, Sahabat. Hal itu normal terjadi kok.

2. Tumbuh Bulu

Perubahan lain yang terjadi adalah tumbuhnya bulu di sekitar alat kelamin dan ketiak. Bulu ini berfungsi melindungi daerah sensitif. Namun kamu harus rajin membersihkan yaa agar tidak dihinggapi bakteri jahat.

3. Tubuh berubah bentuk

Nah, perubahan lain juga terjadi pada tubuh kita, seperti pinggul melebar dan pinggang menjadi lebih kecil, kulit menjadi lebih halus, suara menjadi lebih lembut, dan wajah menjadi lebih bulat. Hal ini terjadi karena tubuh kita menghasilkan estrogen, hormon kewanitaan.

4. Bau badan dan jerawat

Perubahan ini nih, yang bikin sebel terkadang. Karena produksi hormon yang berlebih, keringat kita menjadi lebih banyak dan terkadang lebih bau. Iiiih.. Belum lagi kulit wajah yang sensitif dan kelenjar minyak makin aktif yang menyebabkan jerawat. Hmm.. Untuk mengatasi hal ini rajinlah merawat dan membersihkan diri ya, Sahabat.

Selain perubahan bentuk anatomi tubuh, ada perubahan primer yang terjadi. Organ reproduksi kamu sudah mulai matang dengan datangnya haid pertama. Yeay! Tenang, hal ini normal dan memang harus terjadi pada diri seorang perempuan. Tidak perlu malu, khawatir, atau takut ya Sahabat. Kamu bisa mendiskusikan hal ini kepada orang tua kamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Bisa juga lho kamu tanya Femii tentang permasalahan menstruasi dan kesehatan reproduksi kamu di Tanya Femii . Femii akan memberikan jawaban setiap pertanyaan kamu.

Tubuh kamu sedang bertumbuh, kamu juga harus belajar untuk menjadi lebih dewasa ya, Sahabat! :)

 
    Share to Facebook Share to Twitter