Apa itu masa subur?

Beberapa di antara kita pasti mengerutkan kening ketika mendengar istilah ‘masa subur’. Hmm.. sebenarnya itu apa sih? Secara sederhana, masa subur adalah kondisi di mana Rahim kita siap untuk ‘ditanam’ janin! Kok ditanam sih, memangnya Rahim kita tanah? Hehehe..

Masa subur biasa disebut masa ovulasi, yakni saat indung telur (ovarium) melepaskan sel telur (ovum) yang sudah siap dibuahi ke dalam saluran indung telur. Nah, jika sel ovum ini kemudian bertemu dengan sel sperma, akan dimungkinan sekali terjadi kehamilan. Ovum hanya bertahan dalam fase ini selama 2x24 jam.  Jika tidak dibuahi, dinding Rahim yang telah dipersiapkan untuk menunjang kehamilan akan luruh. Saat itulah kita  mengalami menstruasi, Girls..

" Nah, ketika masa menstruasi sudah tiba, berarti kamu harus pandai jaga diri  yaa.." 

Karena kamu sudah beranjak dewasa, secara biologis. Lebih baik kamu berhati-hati dalam bergaul dan memilih pola hidup karena pada fase ini sangat rentan seorang remaja terjebak dalam situasi yang membahayakan seperti pergaulan bebas. Untuk itu, kamu juga harus memahami saat-saat penting yang terjadi dalam rahim kamu.

Ovulasi atau terlepasnya sel telur dari indung telur biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Nah, jika siklus kamu 28 hari, masa subur kamu diperkirakan ada di hari ke-14. Kalau masih ragu dan ingin mendapatkan jawaban yang lebih pasti, kamu bisa cek kalender menstruasi di sini 

 

Bukan hanya saat akan menstruasi, ternyata tubuh kita juga mengalami tanda-tanda lho saat sedang masa subur. Kamu bisa mengenali tanda-tanda ini ya Sahabat

1. Suhu Tubuh

Bisa dikatakan ini adalah gejala dari masa subur yang paling mudah dideteksi. Yang kamu butuhkan hanya sebuah termometer. Saat terjadi ovulasi, suhu tubuh kita akan meningkat sekitar 0,5-1,6 °C

2. Payudara Nyeri

Ini adalah salah satu perubahan fisik yang terjadi pada saat wanita sedang ovulasi. Selama ovulasi payudara akan terasa sedikit nyeri, hampir mirip dengan gejala ketika masa pra-menstruasi.

3. Perut Terasa Berat

Aktivitas sel telur biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada perut bagian bawah. Jika kamu merasakan hal itu dan bukan karena menjelang haid, boleh jadi saat itu adalah masa subur kamu.

4. Perubahan Cairan Vagina

Lendir menjadi lebih banyak. Jika dipegang dengan ujung jari dan ditarik, maka akan terbentuk seperti benang, karena teksturnya yang mulur dan tidak mudah putus. Warna dari lendir ini adalah bening.

Gejala ini terkadang memang tidak disadari oleh sebagian wanita, dan sebagian wanita memang tidak mengalaminya. Jadi tidak perlu khawatir kalau tidak merasakan hal itu ya, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE