Bicara Higenitas Saat Haid

Sahabat Femii, saat sedang haid, kerap kali kita merasa kurang percaya diri, entah itu karena nyeri, takut tembus maupun merasa 'kurang bersih'. Hey.. kenapa sih? Haid seharusnya tidak menjadi halangan bagi kamu untuk terus beraktifitas. Nah jika bicara soal kebersihan saat haid, ini dia yang perlu kamu perhatikan, agar kamu senantiasa segar dan bersih.

1. Pilih pembalut yang tepat. Kriterinya yaitu pembalut dengan permukaan halus, berdaya serap tinggi agar vagina tidak mudah lembab, tidak mengandung pewangi dan materialnya tidak terlalu padat alias ringan. Semua kriteria ini agar sirkulasi udara di vagina tetap terjaga, senantiasa kering, dan tidak membuat iritasi kulit. Jangan lupa, ganti dengan teratur, bisa 4 kali sehari.

2. Setelah memakai pembalut, lepas dan masukkan ke kantong kertas sebelum di buang, lalu cuci tangan sampai bersih. Kamu tidak perlu mencuci pembalut bekas lho, karena semua pembalut bersifat disposable alias dapat dibuang. Jika kamu membilasnya,dan gel dalam pembalur keluar bersama darah, justru ini tidak higienis

3. Memasuki hari-hari terakhir haid, biasanya darah yang keluar tidak begitu banyak. Mungkin kamu ada yang mengganti pembalut dengan pantyliner.Tidak apa apa sih, hanya saja perhatikan betul kalau pantyliner itu cukup ya. Pilih pantyliner yang tidak mengandung pewangi, karena bisa membuat iritasi. Oh ya, pantyliner juga sebaiknya hanya digunakan saat masa subur ya, tidak setiap hari :)

4. Jika sehabis haid kamu terbiasa menggunakan cairan pembersih vagina, uh... tidak perlu. Setiap hari, vagina memproduksi cairan yang akan akan turun bersama dengan kotoran lain dengan bantuan gravitasi bumi. Itulah mengapa, kita cukup membersihkan bagian luar vagina cukup dengan sabun mild dan digosok halus dengan tangan atau spon.

5. Sahabat Femii, berikut ini penjelasan kenapa kita boleh saja berenang saat haid. Ketika berada di dalam air, tekanan air menjadi tinggi dan bisa jadi darah haid tidak keluar. Namun untuk jaga-jaga, tetap pakai pembalut atau tampon. Psst.. berenang saat haid juga ternyata bisa membantu meredakan rasa nyeri lho! Kenapa ? Karena daya apung air juga dapat menopang tubuh serta mengurangi tekanan punggung sehingga memulihkan nyeri punggung yang kadang timbul saat haid.

So sahabat Femii, active dan fresh ya selama masa haid..

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->