Waspadai Kanker Payudara

Hi Sahabat Femii !!

Info kali ini penting banget nih supaya kita semua tahu sedini mungkin, yaitu tentang kanker payudara.

Kebanyakan dari kita berpikiran bahwa ini hal yang jarang terjadi, dan tak mungkin kita kena. Tapi kenyataannya semua wanita beresiko terkena kanker payudara. Di tahun 1940an di Kanada perbandingannya hanya satu dari 20 wanita terdiagnosa menderita kanker payudara. Namun di tahun 2000an kini perbandingan itu sudah naik jadi satu dari sembilan wanita terdiagnosa menderita kanker payudara. Jadi makin ke depannya, generasi muda harus lebih peduli, tak boleh tutup mata lagi.

Berita baiknya, memang secara statistik wanita yang terdiagnosa kanker payudara kebanyakan adalah di atas 40 tahun. Cuma 7% yang di bawah 40 tahun, tapi bukan berarti tidak ada kan?

Dan ketika memang kejadian pada wanita di bawah 40 tahun, biasanya lumayan parah dan seringkali terlambat ditolong akibat ketidaktahuan sang wanita sehingga terlambat ke dokter.

Apa tanda-tanda dari kanker payudara?

  • Muncul benjolan keras di payudara, atau bahkan seluruh payudara membengkak dan terasa lebih keras. Untuk hal ini bisa dicek dengan rutin meraba payudara. Yang ini memang agak sulit di usia kita yang belasan ini, karena payudara kita yang baru berkembang bisa jadi cukup padat sehingga sulit untuk mendeteksi benjolan yang sama-sama padat. Tapi minimal kita yang sudah sadar bisa ekstra hati-hati dan bisa tanya dokter bila tak yakin. Coba kalau belum tau tentang ini... mungkin terpikir untuk meraba pun tidak kan? :p
  • Iritasi kulit atau muncul lesung di payudara
  • Muncul rasa sakit di payudara atau di puting
  • Puting menyusut ke dalam
  • Kulit payudara jadi kemerahan, bersisik, atau menjadi tebal
  • Puting mengeluarkan cairan selain susu
  • Muncul benjolan di area ketiak

Nah, kalau sudah tahu tanda-tandanya. Kini kamu perlu tahu pencegahannya:

  • AKTIF!!! Jangan malas-malasan. Wanita yang kurang olah raga dan kelebihan berat badan lebih riskan terkena kanker payudara
  • Jangan merokok, hindari alkohol! Jelas zat-zat tak sehat tersebut bisa memicu munculnya kanker.
  • Jaga pola makan sehat. Nutrisi memang merupakan perlindungan secara umum, walaupun memang belum terbukti secara pasti adanya zat yang khusus mencegah/mengobati kanker, apalagi khusus kanker payudara. Tapi bila tubuhmu sehat & pola makanmu bagus maka kecil kemungkinan terkena kanker.
  • Kalau bisa tanya deh mama papa, apakah di keluarga kamu itu banyak yang menderita kanker (baik kanker payudara atau bukan). Memang kanker itu jarang yang diturunkan secara genetis (tidak seperti diabetes yang faktor genetiknya besar) tapi kalau sejarah keluarga besarmu banyak yang terkena kanker, maka kamu harus lebih hati-hati.
  • Rutin periksa ke dokter setiap tahun mulai dari usia 25 tahun, dan nantiiiiiiii di atas umur 40 tahun harus rutin cek mammogam (sejenis cek payudara dengan x-ray) tiap tahunnya.

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE