Menu Sehat Kala Haid

Hi Sahabat Femii !!

Eh, masa tempo dulu waktu Femii lagi beli pembalut dan Feminax di toserba papasan sama tante-tante tetangga. Si tante itu langsung komentar, "Wah lagi mau haid ya? Hati-hati jangan makan nanas ya, nanti keputihan."

Langsung penasaran deh, masa sih nanas bikin keputihan? Jadi ga boleh makan rujak nih waktu haid? Trus Femii mulai baca-baca dan mendapatkan pencerahan. Ini rangkumannya :

Makanan yang dianjurkan semasa haid:

  • Polong-polongan (kacang merah, kacang hijau, buncis, dan lainnya). Selain kaya serat, polong-polongan mengandung vitamin B yang berguna untuk menangkal kram dan kelelahan akibat haid.
  • Sayuran hijau (kangkung, bayam, brokoli, dan lainnya). Sayuran hijau mengandung kalsium, magnesium, dan potasium, yang kesemuanya bisa mengurangi kontraksi otot yang membuat ngilu waktu haid. Sayuran yang hijau gelap (seperti brokoli) juga mengandung vitamin K yang mengentalkan darah sehingga tidak terlalu ngucur waktu haid.
  • Makanan mengandung asam lemak Omega-3 (ikan salmon, kacang walnut, telur Omega-3). Asam lemak Omega-3 juga meredakan nyeri haid.
  • Nanas... nah loh! Salah dong si tante hahahaha :D nanti Femii bilangin deh, tapi tetap sopan pastinya... jadi sebetulnya kita butuh zat mangan dalam tubuh kita, zat ini banyak di buah-buahan, terutama nanas. Gunanya supaya kucuran darah waktu menstruasi tidak terlalu deras. Nanas juga mengandung bromelain, enzim yang merelaksasi otot sehingga tidak kram waktu haid.
  • Teh, karena juga mengandung mangan seperti nanas, TAPI jangan teh biasa karena mengandung kafein. Yang aman adalah teh jahe atau teh bunga chamomile
  • Air putih! Ya betul, memang selalu harus banyak minum air putih untuk kesehatan secara umum. Tapi menariknya begini, sebetulnya justru waktu haid tubuh kita perlu untuk melepaskan air, tapi kalau tubuh kekurangan cairan maka otomatis refleksnya akan menahan air. Jadi malah kalau banyak minum, banyak juga yang dilepas hehehe :p

Makanan yang harus dihindari semasa haid:

  • Makanan olahan. Segala daging olahan dan produk gurih yang ada di toko biasanya mengandung sodium. Sodium di masa haid bisa membuat badanmu membengkak.
  • Kafeine (teh, kopi, coklat), karena kafeine di masa haid bisa membuatmu gelisah dan membuat payudara terasa terlalu sensitif. (khusus untuk teh, ingat keterangan di atas tadi ya)
  • Makanan berlemak tinggi. Kadar lemak yang tinggi bisa mempengaruhi hormon, jadi di masa haid ini bisa jadi makin parah. Akibatnya tubuh bisa berasa membengkak dan payudara jadi terlalu sensitif.
  • Makanan yang tinggi kandungan gula. Waktu menstruasi, kadar gula darah dalam tubuh wanita jadi tidak menentu. Akibatnya di masa itu kita sering ngidem makan yang manis-manis, tapi sebenarnya makin dituruti malah makin kacau kadar gula darah kita sehingga tubuh akan berasa lelah dan mood kita makin tak jelas. Daripada makan permen atau donat, lebih baik makan buah-buahan (jangan dijus, makan dalam bentuk potongan) karena serat dalam buah selain baik untuk pencernaan, juga membantu sehinga kadar gula dalam buah dilepaskan pelan-pelan ke dalam tubuh kita.

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE