Kenali Tanda Tanda Jelang Haid

 

Sahabat Femii, bulan lalu kamu lupa mencatat tanggal dapat haid, dan sekarang H2C alias harap harap cemas kedatangan tamu bulanan ? Ya.. gak usah panik. Kita ingetin lagi itu tuh..Kalender Menstruasi yang bisa kamu pakai untuk mencatat tanggal dan periode haid.

Namun sebelumnya, mari kita kenali tanda-tanda jelang haid ya. Umumnya tanda-tanda ini terjadi pada ‘first timer’ atau mereka yang sudah mengalaminya.

  1. Payudara membesar

Bagi yang baru pertama kali, tandanya adalah payudara bertumbuh, sementara yang sudah regular haid, payudara akan membesar dan mengeras. Dan bagi kamu yang menunggu-menunggu haid, ‘pertumbuhan’ payudara membutuhkan minimal 4 tahun hingga mendapatkan bentuknya, dan selama periode ini kamu sudah membutuhkan training bra. Rata-rata 3 tahun setelah pembentukan payudara, kamu akan mengalami menstruasi pertama.

       2. Keluar cairan vagina

Tanda yang paling jelas lainnya adalah keluarnya cairan di vagina. Biasanya cairan vagina yang diproduksi tubuh terlihat putih susu atau agak kekuningan. Jangan cemas, ini sangat normal. Jika terasa lembap, maka sebelum mengenakan pembalut, sediakan pantyliner. Bagi yang sudah biasa, kamu akan mengalami keputihan. Tidak berlebihan ya, normal saja.

       3. Perubahan bagian tubuh

Selain payudara, adea bagian tubuh yang berubah. Iya, jerawat cenderung muncul di wajah  kamu saat haid muncul karena perubahan hormon. Selain itu, kamu mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki.

       4. Badan pegal

Beberapa perempuan mengalami nyeri dan pegal pada bagian paha dan punggung. Ini wajar saja, sebagai persiapan untuk hari ‘H’.

Nah, pencegahan terbaik untuk rasa sakit/nyeri kram menstruasi adalah dengan pola hidup yang sehat, baik dari segi olah raga, makanan, dan pola tidur. Tubuh yang fit lebih siap untuk menghadapi masa menstruasi. Pola hidup sehat jangan pas mens saja, tapi setiap hari!

Kemudian yang kedua adalah stok pembalut dan feminax. Santai sahabat Femii, Feminax itu aman, tidak bikin ketergantungan dan tidak bikin Rahim kering!

Stay active and healthy ya girls!

:)

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter