Mandi Waktu Haid

Hi Sahabat Femii !!

Kala menstruasi datang mungkin berasa sedikit repot dan kotor ... walau sudah pakai tampon/pembalut tapi seringkali di benak kita sulit untuk melupakan bahwa kita lagi haid. Jadi ngga pede aja... :(

 

Maka itu ketika mandi, jadikanlah itu suatu "upacara" yang benar-benar bisa membasuh dan menyegarkan diri.

Simak beberapa tips mandi semasa haid di bawah ini:

  1. Selagi haid, Femii sarankan sih mandi di shower/gayung saja, jangan di bak atau bathtub. Kalau bisa sebelum masuk shower cek beberapa hal ini:
    1. Di dalam shower ada tempat sampah tidak? Kalau tidak ada bisa bawa kantong plastik kecil.
    2. Sediakan paper towel, ini sebenarnya sejenis tisu, tapi beda dengan tisu wajah atau tisu toilet, karena kertasnya lebih tebal dan tidak langsung buyar ketika basah. Banyak dijual koq di supermarket, biasanya satu rak dengan tisu toilet.
    3. Pembalut dan celana dalam katun yang tidak ketat.
  2. Lepaskan tampon atau pembalut yang sedang dipakai, buang ke tempat sampah atau di kantong yang dibawa tadi. Jangan dibuang ke dalam toilet yaa!
  3. Disarankan mandi dengan air hangat karena bisa meredakan rasa nyeri, lebih nyaman dan membuat santai, jadi seusai mandi lebih segar dan siap beraktifitas. Jangan kaget ketika mandi ada darah yang ikut terbasuh ke bawah. Ini normal dan darah yang bercampur air bisa terlihat agak banyak, tapi bedakan antara darah yang tipis bercampur air dan kucuran yang betul-betul pekat dan tak terbendung walau sudah memakai pembalut lagi dan disertai rasa sakit yang tak tertahankan (kalau ini terjadi cepat minta bantuan dan periksakan ke dokter)
  4. Untuk bagian tubuh lain, mandi saja seperti biasa, tapi untuk membersihkan miss V, ada cara-cara khususnya. Singkatnya sih, gunakan cairan pembersih khusus dengan pH yang sesuai, jangan pakai sabun atau disinfektan di area DALAM miss V, atau kalau cuma memakai sabun biasa, maka pakai yang lembut dan itupun hanya untuk bagian luar miss V. Bersihkan dengan arah depan ke belakang (ke arah anus).
  5. Selama masa haid, ada baiknya lebih sering keramas. Selain menjaga kebersihan, minimal rambut yang bersih dan ringan bisa membantu meningkatkan ke-pede-an selama haid.
  6. Sebelum selesai mandi, bilas sekali lagi area kewanitaanmu. Keringkan area kewanitaan dengan paper towel tadi. Ingat, jangan pakai tisu biasa, karena akan buyar dan meninggalkan partikel di area miss V.
  7. Saat mengeringkan tubuh dan menyiapkan segala baju, ada kemungkinan miss V masih mengeluarkan setetes dua tetes darah, jadi supaya tetap bersih jepitlah selembar paper tower tadi dengan paha pas di area miss V.
  8. Selama haid disarankan memakai celana dalam yang tidak ketat dan berbahan katun sehingga miss V tidak lembap. Taruh pembalut di dalam celana dalam dulu, lalu *hup* langsung dipakai, lalu tarik keluar dan buang paper towel tadi di tempat sampah. Rapih dan mengurangi resiko tetesan darah di rok atau celana.
  9. ATAU kalau memakai tampon, maka tahan dulu paper towel di area kewanitaan, jongkok baru masukkan tampon.
  10. Selebihnya sudah seperti biasa saja, tapi selama haid, jangan lupa untuk membersihkan tempat shower dengan cermat, siram air bila masih ada sisa darah. Jadi pemakai WC selanjutnya tidak akan risih. Ini termasuk sopan santun looh :)
  11. Cuci tangan lagi dengan sabun sebelum melanjutkan aktifitas.

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->