Yuk Cari Tahu Perubahan Hormon yang Terjadi Saat Haid!

Hai, Sisters! Pada saat kamu haid, ada dua hormon yang paling mempengaruhi perubahan mood dan juga efek fisik pada diri kamu, lho! Kedua hormon itu adalah estrogen dan  progesteron. Kalau sebagian dari kamu masih ada yang bertanya-tanya, kenapa bisa ada apa sih efek dari perubahan kedua hormon itu, Femii bakalan jelasin ke kamu sekarang nih. 

Pada dasarnya, fungsi hormon di dalam tubuh kita adalah untuk memberi instruksi kepada tubuh terhadap yang harus dilakukan. Selama masa haid, hormon estrogen dan progesteron adalah hormon utama yang mendominasi. Tapi, tubuh kamu sebenarnya juga memproduksi banyak hormon lainnya. 

Pada hari pertama siklus haid kamu, hormon estrogen dan juga progesteron sedang bersikulasi dan selanjutnya pada hari ketiga hingga ketujuh, produksi hormon estrogen masih rendah. Inilah yang menyebabkan perubahan fisik yang terjadi seperti: kram perut, nyeri dan sampai sakit perut. Nah, lanjut di siklus hari ketujuh sampai sepuluh, hormon mulai meningkat yang menyebabkan banyak dari kita mengalami (Premenstrual Syndrome) PMS. Nah, inilah dia fase-fase di mana kamu merasakan mood swing, tanda-tanda jerawat sudah mulai muncul, dan lainnya. 

Terakhir, pada saat puncaknya, hormon estrogen dan progesteron menurun dan inilah yang memicu menstruasi kamu dimulai. Ini yang menandai akhir siklus dan awal dari siklus berikutnya, Sisters! Nah, kamu sudah tau kan apa efek langsung dari hormon-hormon pada siklus haid kamu, Sisters? Sekarang yuk kita lihat gejala-gelaja yang muncul disebabkan oleh kedua hormon estrogen dan juga progesteron. Cekidot gambar di bawah ini ya! 

 



 

 
    Share to Facebook Share to Twitter