Kanker Rahim, Cegah Sejak Dini

Hi Sahabat Femii !!

Judul kali ini agak serem ya? Kanker Rahim... hiiy... Tapi, kita sebagai wanita harus tahu tentang ini sedini mungkin.

Kanker rahim atau kanker serviks (di mulut rahim, pada daerah ujung bawah rahim yang terletak di sebelah atas vagina) 70-80% disebabkan oleh infeksi menahun HPV (Human Papilloma Virus) tipe 16 dan 18.

Infeksinya menahun loh... berarti memang baru ketahuannya di atas umur 20, tapi itu karena penyakit ini memang sulit dideteksi di usia belasan tahun, padahal sebenarnya bisa saja si gadis itu sudah mengidap dan ketika 'berasa' sudah keburu parah. Makanya itu Femii mau kasih tahu dari sekarang. Kanker rahim bukan cuma topik untuk tante-tante atau usia mahasiswi, kita juga harus tahu.

Kabar baiknya, kanker jenis ini bukan saja bisa disembuhkan, tapi juga bisa dicegah. Caranya:

  1. Pola hidup sehat, tidak merokok, diet sehat
  2. Dengan vaksinasi HPV.

Nah, vaksinasi HPV inilah yang merupakan buah teknologi untuk kita; efektif mencegah kanker rahim hingga 70-80%. Siapa aja sih yang boleh mendapatkan vaksin HPV? Semua perempuan usia di atas 9 tahun, tapi pastikan kamu sudah konsultasi dengan dokter spesialis sebelum menerima vaksin ini. Vaksinasi ini aman, paling hanya kemerahan atau agak nyeri di sekitar bekas suntikan. Kalaupun demam ringan (seperti bayi diimunisasi), kamu bisa minum obat demam yang banyak dijual.

Jadi tak ada salahnya kamu sesekali minta mama papa agar kamu tes kesehatan, dan konsultasi pada dokter tentang vaksinasi ini. Terutama bila menstruasimu agak keluar dari jadwal, atau agak tak lazim.

Sekianlah sekilas tentang kanker rahim.

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE