Miss V Bersih, PD Selalu

Hi Sahabat Femii !!

Untuk selalu tampil percaya diri dan aktif di segala momen pastinya kita butuh YAKIN seyakin-yakinnya bahwa kita bersih dan segar kan? Nah, bagian kewanitaan kita pun tak boleh ketinggalan. Tapi mungkin sebagian dari kita malu untuk bertanya "Gimana sih caranya bersihin miss V?"

Pertama kita perlu tahu dulu bahwa area kewanitaan itu sebenarnya memiliki tingkat keasaman (istilah sains-nya pH) yang harus dijaga keseimbangannya. Untuk menjaga tingkat pH itu maka ada baiknya kamu memakai cairan pembersih khusus dengan pH. 3,5 - 4,5; sabun dengan tingkat keasaman khusus itu bisa dibeli di toko atau supermarket.

Nah kalau sudah dapat sabunnya cara membersihkan miss V simple koq. Setiap kali kamu mandi, gunakan sabun khusus itu dan bersihkan miss V dengan hati-hati dari depan ke belakang. Jangan terbalik ya, karena kita tak mau ada resiko kuman dari bagian belakang tersebar ke depan.

Setiap kali buang air kecil, bersihkan miss V dengan tissue tanpa pewangi dan jangan pakai tissue basah (untuk tangan mungkin OK, tapi untuk miss V belum tentu bahan kimianya cocok). Juga jangan memakai yang tipis - yang mudah terurai jadi serbuk itu loh, nanti malah membekas di miss V kita.

Sebagai tambahan, kenapa pH miss V harus dijaga? Karena ibaratnya usus kita perlu 'bakteri baik', miss V kita juga perlu partner yang disebut 'flora baik'. Demi menjaga flora baik itulah kita perlu menjaga pH yang tepat.  Misalnya miss V dibersihkan dengan antiseptik yang kuat, apalagi kalau sampai ke bagian dalam, ini akan membunuh flora baik dan tanpa mereka malah kuman jahat mudah bersarang.

OK, di atas itu semua urusan di toilet, sekarang yang di luar toilet. Memang di luar sana banyak sekali produk pewangi area kewanitaan, entah dalam bentuk spray, krim, atau bahkan bedak; tipe dan tingkat kualitasnya juga variatif. Hmmmm, sahabat Femii, intinya sih... lebih baik kita berpegang pada yang natural/alami, hindari terlalu banyak unsur kimia yang membubuhi miss V. Syukurlah kalau memang kamu menemukan produk yang cocok dan bukan cuma wangi sejam dua jam tapi lalu malah tak nyaman. Tapi amannya lebih baik tidak membubuhkan wewangian apapun selain sabun khusus tadi.

Terakhir, hindari pakaian dalam yang terlalu ketat (sehingga miss V jadi terlalu lembab). Bila memang sedang mengalami keputihan, ada baiknya memakai panty liner / pembalut tipis. Kalau tentang keputihan itu sendiri, sebenarnya ada yang normal dan yang bermasalah, tapi kalau mau tahu lengkapnya baca deh artikel Femii yang berjudul " Keputihan: Normal Ngga Sih?"

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE