BAHAYA MEMBAWA TAS TERLALU BERAT

Tas adalah salah satu hal penting yang setiap hari dibawa ke sekolah, sampai travelling, karena menjadi penyelamat saat membawa barang yang cukup banyak. Tapi terkadang kita suka nggak peduli seberapa  berat barang yang masuk ke dalam tas. Itulah kenapa, tas yang kita punya jadi tidak awet dan cepat rusak. Nah, Sahabat udah tau belum, kalau beban berat yang kita bawa dalam tas, ternyata ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita, lho! Hmm.. apa aja ya bahayanya ? Simak yuk penjelasannya berikut ini!

 

1. Tulang Belakang Menjadi Bungkuk

 

 

Isi tas yang berat,dapat membuat punggung menjadi bungkuk atau disebut dengan “kyphosis”, yaituposisi punggung yang tidak normal, karena terlalu bungkuk.Ini terjadi akibat tulang punggung terlalu melengkung ke arah depan, sehingga punggung bagian atas terlihat lebih bungkuk dari punggung yang  normal. Tulang punggung umumnya melengkung beberapa derajat, tapi jika tulang punggung melengkung hingga lebih dari 45 derajat, maka telah dianggap nggak wajar. 

 

2. Tulang Belakang Menjadi Miring ke Kiri atau Kanan

 

 

Penggunaan tas berat, juga dapat menyebabkan “skoliosis” yaitu penyakit pada tulang punggung yang membengkok ke kiri atau ke kanan, akibat sering membawa tas berat hanya pada satu lengan. Biasanya kelainan ini dialami oleh mereka, yang sering mengenakan tas selempang, lho!Gejala skoliosis dapat dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul, atau bahu. Wah…ngeri juga ya, Sahabat!

3. Mengikis Kepadatan Tulang Belakang

 

 

Dampak dari membawa tas berat, juga mengakibatkan sakit punggung lho, Sahabat! Hal ini biasanya terjadi pada orang dewasa, karena kondisi tulang mereka udah nggak terlalu kuat,dan tulangnya mulai terkikis. Sebaiknyarajin mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D, untuk menguatkan tulang dan mengembalikan kepadatan tulang.

 

4. Memicu Terjadinya Osteoporosis Dini

 

 

Dengan berkurangnya kepadatan tulang, otomatis memicu terjadinya osteoporosis dini, yaitu pengeroposan tulang. Osteoporosis biasanya terjadi setelah ditemukan retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan tulang belakang.

 

Sahabat Femii, itu lah dampak buruknya kalau sering membawa tas yang terlalu berat. Nah, Femii Fit mau kasih informasi kisaran berat ideal yang bisa kamu bawa, sesuai dengan jenis tas yang kamu pakai. Pertama, untuk shoulder bag 10 % dari berat badan kamu. Kedua, untuk backpack 20 % dari berat badan kamu. Dan ketiga, untuk totebag, isinya harus kurang dari 5 kg. Ingat ya, jangan lagi paksakan memasukkan semua barang ke dalam satu tas ya, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
-->