5 Tips Tetap Fit saat Puasa

Selamat menjalankan ibadah puasa, Sahabat! Masih kuat sampai berbuka puasa nanti kan? Hayoo.. siapa yang dari siang udah lemes banget? Kalau kamu ngerasa lesu dan malas berkegiatan selama puasa, sepertinya ada yang perlu diperbaiki nih puasanya. Karena, ibadah puasa pada hakikatnya nggak menghalangi kamu untuk tetap fit dan aktif berkegiatan seperti biasa lho!

Nah, dalam artikel ini, Femii Fit berikan tips yang bisa kamu terapkan agar tetap ceria dan semangat seperti biasanya saat sedang berpuasa.

1. Perhatikan Asupan Makanan saat Sahur

Jangan malas-malasan untuk bangun dini hari untuk sahur ya, Sahabat! Manfaat sahur banyak banget lho, termasuk salah satunya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Memilih makanan saat sahur, bukan hanya harus yang mengenyangkan, tapi juga harus memenuhi standar gizi, seperti misalnya karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin secara berimbang.

Makan nasi dengan porsi lebih juga belum tentu membuatmu tetap fit lho, karena kandungan karbohidrat dalam nasi cepat diubah jadi tenaga. Ada baiknya menyeimbangkan jumlah karbohidrat dengan protein, lemak, dan gizi lain agar tubuh dapat nutrisi yang seimbang.

2. Tetap Olahraga

Siapa bilang saat puasa kita nggak boleh olahraga? Tubuh kita tetap harus dilatih untuk bergerak dan berolahraga lho. Nggak perlu yang berat-berat seperti lari dan aerobic kok, Sahabat. Kamu bisa melakukan olahraga seperti yoga dan jalan kaki. Yang penting tubuhmu tetap fit namun juga tidak dehidrasi saat berpuasa.

3. Jangan Berdiam Diri dan Alihkan Perhatian

Salah satu hal yang bikin merasa lemes saat puasa adalah nggak ada kegiatan atau berdiam diri aja seharian. Bukannya malah menghemat energi, kamu justru bakal terus ingat kalau kamu sedang berpuasa. Alhasil, ketika rasa lapar datang kamu akan merasa lebih menderita. Nah, biar nggak keinget terus kalau sedang lapar atau haus, lebih baik kamu alihkan perhatian pada hal lain. Kamu masih tetap bisa aktif di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau melakukan hobimu kok. Justru ketika kamu sibuk beraktivitas, jadi nggak terasa deh lapernya.

4. Hadapi Mood Swing dengan Lebih Bijak

Saat puasa kita diwajibkan untuk menahan emosi dan marah. Nah, padahal kalau lagi PMS atau mendekati waktu haid, kita biasanya jadi tempramen, suka marah-marah dan bete sendiri. Hmm.. Sepertinya kamu harus berjuang lebih keras untuk menahan diri saat PMS ya, Sahabat. Ketika ada hal yang bikin kamu kesal, lebih baik kamu segera ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Lakukan 3-10 kali hingga kesalmu hilang. Nah, kalau gejala PMS yang kamu rasakan adalah nyeri, kamu bisa segera mengatasinya dengan Feminax, Sahabat. Kandungan parasetamol dan ekstrak hiosiami di dalamnya bisa mengatasi nyeri yang kamu derita.

5. Jangan Kalap saat Berbuka

Bedug Maghrib bisa jadi salah satu bunyi yang paling kita nantikan ya waktu puasa. Hehehe. Nah, saat sudah boleh makan dan minum, kamu harus tetap menahan diri ya. Jangan sampai kalap dan lupa diri. Tips dari Femii, berbukalah dengan air putih hangat dan beberapa butir kurma. Kalau tidak ada kurma, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan lain yang manis. Hindari minum es dan gula berlebih, begitu pun gorengan. Nah, setelah itu kamu baru boleh makan makanan berat. Pastikan porsinya cukup ya, tidak terlalu banyak atau lapar mata. Sama seperti saat sahur, pastikan gizinya seimbang.

Nah, jika kamu sudah melakukan lima tips Femii di atas, kamu bakal lebih enjoy berpuasa dan lebih khusyuk beribadah. Tetap semangat ya puasanya sampai akhir bulan Ramadan!

 
    Share to Facebook Share to Twitter