Tips Mudik yang Kamu Harus Tahu

Salah satu ritual seru yang terjadi setiap tahun adalah mudik lebaran!. Apakah kamu salah satu orang yang mudik ke kampung halaman, Sahabat? Atau ada yang baru mau mudik pertama kali tahun ini? Seneng banget ya rasanya menjelang mudik, karena udah nggak sabar perjalanan jauh dan bertemu dengan keluarga terdekat.

Dalam artikel kali ini, Femii Fun bakal kasih kamu info penting seputar mudik, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang selama ini ada dalam benakmu. 

1. Mengapa Harus Mudik?

Sebenarnya tradisi mudik nggak hanya ada di Indonesia aja lho, Sahabat. Saat hari raya Imlek, orang-orang di China pun pada mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga besar. Begitu pun saat hari Thanksgiving, orang-orang di USA ramai-ramai mudik untuk bertemu dengan keluarga. Di Indonesia, momen pulang kampung terjadi saat hari raya Idul Fitri. Pada hari raya ini, biasanya kita berkumpul dengan anggota keluarga untuk saling memaafkan dan menghabiskan waktu bersama serta menjalin silaturahim.

2. Apa yang Harus Dipersiapkan saat Mudik?

Persiapan perjalanan jauh termasuk mudik emang agak rempong sih. Hihihi.. Nah, sebenernya sih yang perlu kamu siapkan nggak banyak kok. Bawa baju secukupnya, obat-obatan pribadi, uang secukupnya, dan makanan. Bukan hanya perbekalan, kamu juga harus nyiapin fisik dan mental lho, Sahabat. Perjalanan mudik itu cukup melelahkan, sehingga kalau tubuh kurang fit, bakal repot nantinya.

3. Enaknya Mudik Naik apa?

Femii sarankan sih, lebih baik mudik naik kendaraan umum seperti kereta, pesawat, atau bus. Selain lebih murah dan risiko kecelakaan lebih kecil, naik kendaraan umum juga bisa menghemat energi kita, Sahabat. Namun kalau kamu dan keluarga lebih memilih kendaran pribadi juga nggak apa-apa kok, asalkan tetap berkendara dengan aman ya!

4. Gimana kalau Terjebak Macet saat Mudik?

Tiap tahun, banyak banget orang yang mudik, bahkan 3 dari 4 orang di Jakarta akan mudik tiap lebaran. Kebayang kan berapa juta orang yang melakukan perjalanan selama musim mudik? Itulah kenapa macet di jalan sudah pasti terjadi. Nah, karena zaman sudah maju nih, ada baiknya kita menggunakan teknologi yang ada seperti misalnya GPS untuk membantu kita menghindari macet. GPS bakal bantu kita banget karena memberikan informasi kondisi jalanan terkini secara aktual.

5. Harus Ngapain kalau Bosen di Perjalanan?

Perjalanan panjang, macet, panas, dan harus duduk diam saja pasti bikin kita bosen. Nggak ada salahnya kamu membawa buku, komik, kartu permainan, atau pemutar musik favoritmu saat mudik. Selain itu, kamu bisa ngobrol panjaaaang banget dengan partner mudikmu, entah itu orang tua, saudara, atau orang di sekitarmu kalau kamu mudik menggunakan transportasi umum.

6. Kalau sedang Mudik ternyata Tiba-Tiba Haid Gimana?

Ini nih yang kadang-kadang unpredictable. Hehehe. Sebelum berangkat mudik, kamu bisa mengecek lagi kalender menstruasimu. Jika selama mudik kemungkinan kamu akan haid, segera persiapkan lebih matang perbekalanmu. Tambahkan pembalut dan Feminax dalam barang-barang yang harus dibawa saat mudik. Karena, kita nggak bakal tau nih kalau tiba-tiba nyeri haid di tengah jalan. Biarkan Feminax mengatasi nyeri haid yang mengganggu mudik ceriamu, Sahabat.

Sudah siap mudik, kan? Semoga perjalanan mudik dan balikmu berjalan lancar ya, Sahabat! Salam untuk semua keluargamu di kampung halaman.

Stay active!

 
    Share to Facebook Share to Twitter