Tips Belajar Menyenangkan

Kamu kapan ujian, Sahabat? Bagi yang sebentar lagi ujian, jangan lupa belajar ya! Walau begitu, jangan hanya belajar kalau ada ujian aja lho, hehehe. Sebagai pelajar, tugas utama kita adalah belajar hal-hal baru agar pengetahuan dan keterampilan kita berkembang. Sehingga, di masa yang akan datang kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat.

Belajar itu hal yang menyenangkan lho, asalkan kamu tahu cara yang tepat. Kebanyakan kita merasa kesulitan belajar karena bosan, terpaksa, atau nggak segera paham dengan materi yang dipelajari. Tuhan menciptakan kita semua pintar kok. Hanya saja, bedanya ada yang malas dan ada yang rajin belajar. Benar sekali jika setiap orang sulit untuk bisa unggul di semua bidang, namun kita semua bisa mempelajarinya kok.

Untuk membantumu belajar dengan lebih mudah, dalam artikel ini Femii Fantastic akan memberikan tips buat kamu untuk belajar efektif sesuai dengan karakter.

1. Buat Diagram atau grafik yang menarik

Kalau kamu suka menggambar, senang seni rupa, jago fotografi, dan hobi baca komik, bisa jadi kamu orang visual, Sahabat. Otakmu akan lebih cepat menerima informasi berupa stimuli visual.

Agar kamu dapat menerima materi pelajaran dengan baik, kamu bisa mengubah catatanmu menjadi grafik-grafik atau gambar yang mudah kamu mengerti. Misalnya, untuk menghafalkan nama-nama pahlawan nasional, daripada menghafal namanya, kamu bisa menghafalkan wajahnya. Begitu pun jika kamu belajar bagian-bagian dari tumbuhan. Selain menuliskan namanya, kamu juga harus mengetahui bagaimana bentuknya agar kamu cepat paham. Buat diagram yang jelas dan menyenangkan saat kamu harus menghafalkan sebuah proses.

Dijamin deh, kamu akan cepat belajar setelah ini.

2. Hafalkan dengan nada-nada

Kamu adalah orang tipe audio jika suka banget dengerin musik, menikmati bunyi hujan, suka nyanyi, peka dengan perubahan nada suara, dan mudah terhanyut jika mendengarkan orang bercerita. Agar belajarmu efektif, kamu bisa mengubah materi hafalanmu dengan bunyi-bunyian. Misalnya, kamu bisa mengubah lirik lagu kesukaanmu dengan bahan hafalan untuk unsur-unsur kimia. Kamu juga bisa lho minta tolong teman atau kakak untuk membacakan catatanmu agar kamu bisa mendengarkan materi dengan lebih baik. Jika diizinkan, kamu juga bisa merekam penjelasan guru di kelas, untuk kemudian didengarkan lagi di rumah. Belajar sambil mendengarkan musik juga bisa membantumu mengerti materi lebih mudah, Sahabat. Hmm.. Yuk dicoba!

3. Sambil jalan-jalan dan olahraga boleh juga

Ada lagi tipe orang kinetik, yang lebih mudah menerima stimulus gerak. Tanda-tandanya sih, biasanya kamu nggak suka diam saja. Seneng banget olah tubuh, entah itu olahraga atau menari. Ohya, biasanya kamu kalau ngomong suka memperagakan maksudmu dengan tangan atau tubuhmu. Apakah kamu tipe ini? Jika iya, cara belajar yang cocok adalah dengan bergerak! Kamu bisa mulai dengan senam sambil bawa kertas hafalan. Kamu akan lebih memahami konsep luas bidang datar dengan cara berjalan di dalam ruangan dan menganalogikan ruangan sebagai bidang datar. Bisa juga, kamu membuat gesture tertentu dengan tangan untuk mengekspresikan sebuah proses atau hafalan yang sedang kamu pelajari. Menarik kan?

Nah, Kamu termasuk tipe yang mana nih, Sahabat? Belajar itu nggak harus diam terus di dalam kamar dan membaca catatan aja kok, Sahabat. Kamu bisa memodifikasi sendiri cara belajar yang membuatmu nyaman dan semangat untuk mempelajari hal baru. Karena yang terpenting, jangan jadikan belajar sebagai sebuah beban, melainkan misi penting dan petualangan yang harus kamu capai agar kamu bisa naik ke level selanjutnya!

Stay active ya!

 
    Share to Facebook Share to Twitter