How to Deal with PMS

Kebanyakan perempuan sudah akrab banget dengan yang namanya PMS (Pre Menstrual Syndrome). Bahkan mungkin banyak juga yang menjadikan PMS sebagai alasan pembenaran sikap tertentu, seperti misalnya gampang ngambek, mudah tersinggung, dan suka marah-marah tanpa alasan. Aduh, siapa ya yang pernah seperti ini?

Sebelum melangkah jauh, kamu sudah tahu belum apa itu PMS? Femii Fit jelasin ya.. PMS adalah serangkaian atau kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosional berkaitan dengan siklus menstruasi pada perempuan. Biasanya keluhan-keluhan ini dirasakan beberapa hari sebelum haid hingga haid hari kedua. Lalu, apa saja yang terjadi saat PMS? Secara biologis, perempuan akan merasa badan nyeri, payudara terasa kaku, lesu, dan pusing. Perempuan terkadang juga merasa mellow, depresi, dan perubahan mood secara tiba-tiba jika dilihat dari sisi psikologis. Emosi yang meletup-letup juga kadang terjadi karena perubahan jumlah hormon. Namun, perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua perempuan mengalami hal tersebut.

Nah, berarti mencari pembenaran sikap yang buruk karena PMS itu bukan hal yang bijaksana ya, Sahabat. Kamu juga bisa lho cari tahu gimana caranya biar nggak baper saat PMS.

Haid bukan alasan aktivitasmu terganggu dan nggak maksimal lho, Sahabat. Kamu tetap bisa selalu semangat dan aktif berkegiatan walaupun sedang PMS. Yuk simak beberapa tips dari Femii Fit berikut ini untuk mengatasi PMS.

1. Pahami siklus bulanan tubuh

Karena hormon dalam tubuh kita mengalami siklus produksi tiap bulan, berarti ada fase-fase tertentu yang akan berulang. Dalam fase tersebut, kondisi tubuh juga akan berubah-ubah, termasuk mood. Kamu sudah harus menandai fase-fase tersebut, Sahabat. Langkah awalnya, coba dengan rajin catat siklus haidmuJika sudah, kamu bisa menandai gejala yang kamu rasakan dan hubungkan dengan kalender menstruasimu. Dengan begitu, kamu jadi tau nih, bagaimana kebiasaan tubuh kamu dalam menghadapi menstruasi.

2. Cari Solusi

Setelah tahu gejala-gejala yang terjadi, kamu bisa mencari solusi. Misalnya, karena saat PMS kamu merasa lesu, sebaiknya saat itu kamu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Bisa juga ketika nyeri tubuh, kamu bisa mandi dengan air hangat. Buatlah dirimu nyaman saat gejalan PMS datang.

3. Antisipasi Keluhan

Walaupun kamu sudah paham gejala dan cara mengatasinya, tetap kamu juga harus mempersiapkan diri agar tidak sakit. Olahraga teratur adalah kunci agar haid tidak nyeri. Selain itu, kamu juga harus mengurangi konsumsi kafein dan makanan gurih untuk menghindari kram.

4. Stay Active

PMS emang tidak nyaman rasanya. Namun, kamu tidak perlu melibatkan terlalu jauh apalagi merepotkan orang-orang di sekitarmu ya, Sahabat. Usahakan hubungan baikmu dengan teman dan keluarga tidak bermasalah karena kamu terlalu cengeng saat PMS. Ingatlah kalau kamu adalah perempuan yang kuat dan hebat! Masa iya, bisa dikalahkan dengan mudah oleh PMS?

So, stay active terus ya, Girls!

 
    Share to Facebook Share to Twitter