Ketahui Lebih Dalam Penyakit Menular Seksual

Terkadang kita masih sering merasa malu dan segan untuk membicarakan tentang hal berbau seksual, termasuk kondisi kelamin dengan orang lain, bahkan dengan orang tua. Padahal, kesehatan organ reproduksi, termasuk di antaranya kebersihan dan kesehatan alat kelamin itu penting banget untuk diperhatikan lho, Sahabat. Kita tidak boleh diam saja ketika mengalami gejala penyakit aneh di alat kelamin atau organ reproduksi.

Penyakit kelamin identik dengan penyakit kulit karena biasanya ditularkan melalui gesekan kulit. Ketika mendengar istilah “penyakit menular seksual”, pasti yang terpikirkan oleh kita adalah penyakit kulit mengerikan dan memalukan karena melakukan hubungan seksual yang tidak sehat. Memang ada benarnya juga, namun tidak semua penyakit kulit pada kelamin terjadi karena kegiatan seksual, walaupun pada kenyataannya paling banyak terjadi karena itu.

Jerawat di wajah merupakan salah satu penyakit kulit, namun tidak menular. Begitu pun gatal pada area kewanitaan kita atau iritasi karena pembalut atau celana dalam, bukanlah penyakit kulit dan kelamin yang menular. Nah, dalam artikel ini Femii Fit akan menjabarkan beberapa penyakit kulit dan kelamin yang menular dan amat berbahaya, sebagai pertimbangan kita untuk lebih berhati-hati menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan.

Penyakit Menular karena Bakteri

Bakteri jahat dapat menjadi penyebab beberapa penyakit kulit dan kelamin yang cukup sering diderita. Sifilis atau Raja singa, Gonore atau kencing bernanah, dan Chlamydia merupakan beberapa contoh penyakit seksual menular yang disebabkan oleh bakteri. Gejala awalnya memang tidak begitu nampak, namun jika tidak segera diobati dapat menimbulkan kerusakan organ reproduksi hingga parah bahkan kemandulan. Penyakit ini dapat diatasi dengan antibiotic sesuai dengan anjuran dokter.  Segera hubungi dokter jika kamu mengalami keputihan yang berbau dan menyebabkan nyeri atau perih. Karena jika kamu terinfeksi bakteri, dapat segera ditangani oleh dokter.

Penyakit Menular karena Virus

Lebih berbahaya daripada bakteri, virus juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Hepatitis B, HIV, HPV, dan Herpes merupakan beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus. Jika terinfeksi penyakit ini, gejala yang timbul tidak selalu berkenaan dengan kulit dan kelamin. Hepatitis B misalnya, menyerang hati dan dapat menyebabkan kanker. Begitu pun HIV, yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit ini bisa terjadi pada seluruh tubuh. HPV dan Hepatitis B dapat dicegah dengan vaksin. Sedangkan HIV dan herpes harus melalui pengobatan yang panjang oleh dokter yang ahli. Hal paling mudah yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit ini adalah menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi, juga menghindari hubungan seksual bebas dan berganti-ganti pasangan.

Penyakit Menular karena Parasit

Selain bakteri dan virus, ada juga beberapa penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit, seperti kutu, tungau, atau parasite bersel satu yang masuk di dalam kulit atau di sela-sela rambut kemaluan. Penyakit yang ditimbulkan misalnya kudis dan trikomoniasis. Sensasi panas dan gatal akan terasa saat terinfeksi parasit ini. Untuk mengobatinya, bisa menggunakan obat, krim, atau shampoo tertentu. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami hal demikian.

Berobat ke dokter bukanlah sebuah hal yang memalukan, terlepas di mana asal penyakit yang di dapatkan. Penyakit yang disembunyikan tidak akan sembuh dengan sendirinya. Kita membutuhkan orang yang ahli di bidangnya untuk membantu kita sembuh. Namun jauh lebih baik mencegah daripada mengobati, Sahabat. Seperti yang Femii Fit kemukakan di atas, organ reproduksi dan area kewanitaan kita haruslah dijaga kebersihan dan kesehatannya. Masalah seksual bukanlah hal yang tabu untuk dibahas, apalagi masalah kesehatan. Diskusikan dengan orang terdekat seperti saudara atau orang tua saat mengalami ada yang tidak beres dengan bagian kewanitaanmu.

 

Stay active, Sahabat!

 

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter