Kenapa sih Suka Baper?

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba merasa sangat sedih tanpa sebab, bete nggak tau kenapa, dan pengen banget marah-marah karena merasa orang-orang-orang di sekitar kita nyebelin banget. Kadang juga ngomel-ngomel sendiri dan sensitif banget alias baper (bawa perasaan) saat menghadapi sesuatu keadaan. Kenapa sih kita kayak gitu?

Sebagai perempuan, kondisi hormon dalam tubuh kita memang naik turun, Sahabat. Perubahan hormon terjadi karena sistem metabolisme tubuh kita unik. Hal inilah yang mengatur sistem reproduksi kita, termasuk siklus haid. Nggak jarang, kondisi hormon yang nggak stabil ini berpengaruh juga terhadap keadaan psikologis dan emosional kita. Akibatnya kita sering mengalami mood swing atau kondisi mood berubah-ubah, apalagi sebelum haid.

Mood swing sebelum haid adalah salah satu gejala PMS atau Pre-Menstrual Syndrome. Saat mengalami PMS, perempuan akan mengalami beberapa gejala seperti perut kembung, badan nyeri, jerawat, mood swing, dan lain-lain. Namun, mood swing menjadi isu yang ngerepoting karena terkadang bikin orang-orang di sekitar kita ikutan terkena dampaknya. Cewek PMS diasosiasikan sebagai cewek nyebelin yang suka ngomel dan ngambek. Hmm bener nggak sih cewek yang sedang PMS itu emang nyebelin?

Cewek memang lebih sensitif dan suka baper, apalagi saat PMS, namun nggak semua cewek PMS itu nyebelin dan tidak semua cewek nyebelin itu sedang PMS. Nah, kamu juga nggak mau kan dicap sebagai cewek yang nyebelin? Dalam artikel ini Femii Fabulous akan berbagi tips untuk menghindari baper berlebihan yang merugikan orang-orang di sekitar kita.

Jangan Mau Kalah dengan Hormon

                Kamulah yang memiliki kendali sepenuhnya terhadap tubuhmu, termasuk kondisi hormonal. Jangan sampai terbalik dan dikendalikan oleh hormon, Sahabat! Walaupun kondisi tubuh memaksa untuk baper, kamu bisa kok mengantisipasinya. Misalnya, dengan cara menahannya sendiri tanpa meluapkannya terhadap orang yang tidak bersalah. Bisa juga dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya, setiap kali merasa bete.

Bersikap Profesional dan Rasional

                Sikap profesional atau memisahkan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan umum memang harus kita jaga dengan baik. Nggak lucu dong, saat sedang presentasi di depan kelas tiba-tiba kamu marah-marah sama teman yang sedang bertanya hanya gara-gara PMS. Menahan emosi agar tersalurkan dengan baik itu memang tidak mudah, namun harus dilakukan agar luapan emosi tidak merugikan orang lain. Kita juga harus belajar berpikir rasional, kapan saat yang tepat untuk marah dan dengan alasan yang benar.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup kita ternyata berpengaruh lho terhadap perubahan hormon! Terlalu banyak karbohidrat, makanan manis, kafein, junk food, dan makanan tak sehat lainnya ternyata dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Selain itu, kamu juga harus istirahat yang cukup dan olahraga teratur agar metabolisme berjalan dengan baik.

Kita memang tidak bisa mengubah sistem hormonal kita secara langsung, namun kita harus tahu caranya agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa dan tidak merugikan orang lain. Jangan mau dicap sebagai cewek yang nyebelin hanya gara-gara nggak bisa menahan diri dan meluapkan emosi dengan baik.

 

Stay active, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter