Siapkan Diri Hadapi Haid Pertama!

Hah! Mengapa di celana dalam ada bercak darah?? Jangan-jangan… :O

Beberapa di antara kamu pasti pernah kaget bukan main ketika menemukan bercak darah keluar dari vagina, padahal tidak sedang terluka atau sakit. Tenang, jangan panik dulu. Jika kamu adalah remaja perempuan berumur sekitar 9-16 tahun, bercak darah ini bisa dipastikan adalah menstruasi atau haid, Sahabat.

Haid adalah gejala metabolisme yang terjadi pada perempuan, sebagai pertanda bahwa dia sudah matang secara seksual. Rahim kita sudah dapat menghasilkan sel telur matang yang siap dibuahi. Jika sel telur itu tidak dibuahi oleh sel sperma, dia akan luruh bersama darah dan dinding rahim melalui vagina. Proses inilah yang dinamakan menstruasi. Femii Fabulous, dalam artikel ini akan menjawab beberapa pertanyaan seputar haid pertama.

Apa saja yang akan terjadi setelah haid pertama?

Jika kamu telah mendapatkan haid untuk pertama kalinya, Selamat! Berarti tubuhmu sudah satu tahap lagi menuju kedewasaan. Selain haid, tubuh kamu juga akan mengalami perubahan baik yang nampak maupun tidak. Payudaramu akan tumbuh menjadi lebih besar dan berisi, pinggul semakin lebar, dan tumbuh rambut halus di ketiak serta sekitar vagina.  Secara hormonal, tubuh kamu juga melakukan penyesuaian, Sahabat.

Jangan lagi canggung dan resah saat menyadari perubahan bentuk tubuhmu. Perubahan ini wajar banget kok, dan semua perempuan normal akan mengalaminya cepat atau lambat. Yup, tiap perempuan memiliki metabolisme yang berbeda, sehingga datangnya haid dan masa puber bisa jadi tidak bebarengan. Tak perlu khawatir ketika kamu megalami masa puber terlebih dahulu atau belakangan di bandingkan dengan teman sebayamu.

Siapa yang perlu diberi tahu?

Kamu tidak perlu menyimpan kabar terjadinya haid pertamamu seorang diri, Sahabat. Kamu bisa berbagi kepada orang tua, khususnya ibu dan kakak perempuan jika punya. Mereka pasti akan membantu dan memberikan pengarahan jika kamu membutuhkan. Kepada mereka, kamu bisa bertanya dan konsultasi mengenai keluhan dan ketidaktahuanmu seputar dunia baru yang akan kamu jalani ini.

Periode, siklus, dan bagaimana haidmu terjadi merupakan informasi pribadi yang tidak perlu diceritakan kepada semua orang. Kamu cukup menyimpannya sendiri dan beberapa orang terdekat saja jika kamu butuh nasihat. Walaupun haid merupakan hal pribadi, bukan berarti hal yang memalukan lho, Sahabat. Kamu tidak perlu malu dan jijik saat mengalami haid. Bersikap biasa saja dan tetap percaya diri itu sebuah keharusan!

Apa yang harus diperhatikan dan dipersiapkan?

Bagi kamu yang baru pertama kali haid, mulai saat ini kamu akan sangat akrab dengan pembalut. Pilih merk dan jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa bertanya kepada orang terdekat agar mereka dapat merekomendasikan yang tepat. Jangan lupa ganti pembalut minimal tiga kali sehari ya, agar higienitas tetap terjaga.

Selain itu, kamu perlu belajar untuk menyesuaikan diri. Jika belum terbiasa, menghadapi haid memang agak ribet. Namun lama kelamaan kamu akan bisa menghadapinya dengan santai kok. Nah, jika kamu merasa nyeri saat haid, kamu bisa mengonsumsi Feminax untuk meredakannya. Kandungan di dalamnya, yakni Parasetamol dan ekstrak hiosiami, aman banget dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Lalu?

                Persiapan fisik sudah, persiapan mental juga harus kamu lakukan, Sahabat! Karena kamu sudah beranjak dewasa, kamu harus belajar bagaimana caranya bersikap dan menjaga diri dengan baik. Selain tetap menjaga stamina tubuh tetap fit dengan menjaga pola hidup sehat, kamu juga sudah semestinya belajar untuk memposisikan diri agar dapat tetap bersinar di mana pun kamu berada.

 

Stay active and fabulous ya!

 
    Share to Facebook Share to Twitter