Seru, Masuk Sekolah Baru!

Siapa yang nggak sabar memulai tahun ajaran baru? Pasti seru banget deh masuk sekolah baru, dapat pelajaran baru, bertemu teman baru, dan terjun ke lingkungan baru. Akan ada banyak hal baru menanti untuk dikenali dan dijelajah lebih jauh.  Sebagian besar orang akan merasa bersemangat menghadapi salah satu fase baru dalam hidupnya. Hal itu berarti kita naik satu tahapan lebih tinggi.

Namun tidak semua orang nyaman dengan lingkungan baru, Sahabat. Mungkin di antara kamu ada yang merasa takut, canggung, minder, dan was-was saat menghadapi lingkungan baru. Hal tersebut wajar kok, Sahabat. Karena, hal-hal baru biasanya penuh dengan ketidakpastian. Ketidakpastian inilah yang biasanya menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Mereka merasa kesulitan mengantisipasi hal-hal yang di luar rencana.

Menyesuaikan dan menempatkan diri di lingkungan yang baru memang tidak mudah, Sahabat. Kamu harus belajar untuk beradaptasi dengan baik agar kehidupanmu yang baru berjalan dengan baik.

Hal pertama yang harus kamu terapkan saat memasuki lingkungan baru adalah berpikiran terbuka. Kamu harus open minded saat menghadapi realitas baru yang muncul di depan mata. Hilangkan prasangka dan stereotype yang ada dalam benakmu, agar kamu dapat menilai sesuatu dengan lebih objektif. Jangan mudah menghakimi sesuatu atau seseorang sebelum kamu tahu lebih mendalam tentangnya. Misalnya, saat masuk kelas baru, kamu benci sama teman sebangku karena tidak ramah, padahal sebenarnya dia hanya sedang bersedih binatang peliharaannya meninggal. Kamu akan kehilangan satu orang yang baik dan ramah hanya gara-gara kamu salah menilai di awal.

Selanjutnya, kamu harus belajar untuk bisa empati dan menempatkan diri dengan baik. Menjadi orang yang asyik itu nggak perlu yang jago melucu, cantik, dan dominan. Kamu bisa menjadi dirimu sendiri namun tetap asyik dengan cara empati dan pandai menempatkan diri. Kamu akan jadi pribadi yang disukai saat kamu dapat memposisikan diri dengan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi. Saat ada tugas yang berat, kamu sudah selayaknya untuk bekerja keras menjalankannya, bukan malah bersantai dan membiarkan temanmu yang mengerjakan.

Hal ketiga yang harus kamu lakukan adalah bersikap jujur. Kamu tidak perlu menutup-nutupi sesuatu atau berpura-pura menjadi sosok yang lain untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Selain itu, jika sekali kita tidak jujur, selamanya orang tidak akan mempercayai kita. Kamu nggak mau kan, hanya demi kesan sesaat kamu kehilangan kepercayaan selamanya.

Bagi kamu yang cenderung introvert, nggak masalah kok kalau kamu lebih banyak diam. Walaupun begitu, kamu harus tetap percaya diri. Kepercayaan diri dapat meningkatkan nilai yang ada dalam dirimu. Auramu akan terpancar keluar jika kamu percaya diri, Sahabat.

Jadilah orang yang menyenangkan! Hilangkan pikiran negatif, pesimis, mengeluh berlebihan, dan benci. Sikap yang positif dapat menarik hal-hal positif lainnya terjadi dalam diri kamu.

Nah, dengan beberapa tips di atas, kamu sudah siap untuk masuk ke lingkungan baru kan, Sahabat? J

Stay Active ya!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE