Haid saat Mudik, Tak Masalah!

Sebentar lagi musim mudik nih, Sahabat. Femii taun ini rencananya juga mudik ke kampung halaman lho! Karena itu, jauh-jauh hari Femii sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi perjalanan panjang yang seru walau kadang melelahkan. Femii harus well-prepared banget agar nanti sepanjang perjalanan tetap fit dan fun.

Memang sih, agak rempong untuk mempersiapkan ini itu sebagai bekal dan persiapan perjalanan. Mulai dari baju-baju, perlengkapan mandi, sepatu, obat-obatan, mainan pengusir bosan, dan lain-lain. Apalagi kalau sedang haid, atau tiba-tiba haid di tengah jalan. Pasti super panik dan ribet kan?

Haid bukan alasan kamu murung selama perjalanan lho! Asalkan sudah dipersiapkan dengan matang, kamu pasti akan tetap sehat, bugar, dan ceria selama melakukan perjalanan panjang. Femii Fit punya beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan saat bepergian jauh atau saat mudik, khususnya ketika kamu haid!

1. Lihat kalender menstruasi

Sebelum melakukan persiapan, wajib hukumnya memeriksa kalender menstruasi! Pastikan lagi tanggal haid. Tak perlu benar-benar tepat. Kamu bisa menambahkan dan mengurangi kurang lebih 3 hari dari jadwal. Jika lupa siklus haid, kamu bisa menghitungnya di sini.

2. Persiapkan Perbekalan

Buatlah catatan apa saja yang harus dibawa. Jika perkiraan waktu haid selanjutnya tepat saat perjalanan, jangan lupa bawa perlengkapan tambahan. Celana dalam tambahan, pembalut, kertas koran atau plastik untuk membungkus pembalut bekas pakai harus kamu masukkan dalam catatan.

Obat-obatan pribadi jangan lupa dimasukkan dalam list! Perjalanan panjang cukup menyita energi dan daya tahan tubuh. Siapakan vitamin, obat pereda rasa nyeri, dan obat untuk luka luar. Berjaga-jaga jika nanti kamu nyeri haid, jangan lupa juga membawa Feminax ya, Sahabat!

Sebelum berangkat, jangan lupa memeriksa kembali catatan yang sudah kamu buat. Apakah semua barang yang kamu butuhkan sudah masuk ke dalam koper atau belum. Jangan lupa kemas degan rapi ya! 

3. Jaga asupan makann

Sebelum berangkat, jangan lupa jaga asupan makan. Pilihlah makanan yang bergizi, dengan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Lebih baik hindari makanan pedas dan asam agar kamu tidak mengalami masalah pada perut di perjalanan. Jaga pola makan, jangan makan makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam, makanan instan, dan pengawet makanan. Makanan-makanan tersebut dapat memicu kram otot dan nyeri haid, Sahabat. Jika kamu menjaga asupan dan pola makan, dijamin deh badan kamu akan lebih prima dan siap melakukan perjalanan jauh.

4. Lakukan peregangan

Yeay! Saatnya berangkat!! Perjalanan jauh seperti mudik, apalagi melalui jalur darat memang cukup menyita waktu dan tenaga ya, Sahabat. Kadang kita juga bosan karena hanya duduk saja sepanjang waktu. Belum lagi kalau macet. Rasanya badan pegel-pegel banget! Untuk menghindari hal serupa, kamu bisa melakukan peregangan berkala agar badan kamu lentur dan otot-otot bisa berelaksasi. Selain itu, kamu bisa bernyanyi-nyanyi bersama teman atau saudara agar waktumu tidak habis membosankan.

5. Jika Nyeri Haid Datang

Saat kamu sudah memprediksikan akan haid dalam perjalanan mudik dan ternyata memang benar terjadi, kamu tak perlu khawatir lagi karena sudah persiapan sebelumnya. Jika nyeri haid? Segera minum Feminax, Sahabat!Kandungan parasetamol dan ekstrak hiosiami di dalamnya mampu mengurangi nyeri dan kejang otot karena haid. Selain itu, untuk membuat nyaman, kamu bisa mengompres perut dengan air hangat. Semoga nyeri haid segera hilang ya!

 

Nah, gimana, Sahabat? Sekarang kamu sudah tahu kan gimana mempersiapkan diri saat hendak mudik atau melakukan perjalanan panjang. Ingat, haid bukan halangan kamu beraktivitas lho!

 

Stay active, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE