Kok Terlambat Haid Sih?

Sahabat Femii, apakah kamu sering cemas menunggu datangnya haid? Kok sudah tanggalnya tetapi belum ada tanda-tanda ? Padahal kayaknya kamu tidak berhubungan seksual yang berpotensi kehamilan..

Lalu apa yang terjadi ya ?

Kadang haid tidak teratur, jika mundur atau maju hingga 7 hari, itu masih normal. Penyebab haid tidak teratur bisa dikarenakan beberapa hal, bukan cuma hubungan seksual  ya.  Misalnya penurunan atau kenaikan berat badan, stres, penggunaan obat tertentu, hingga penyakit serius seperti kanker Rahim.

Femii punya kalender yang bisa yang kamu pakai, dan jangan khawatir jika terlambat datang bulan ya. Ini malah bisa jadi ‘alarm’ bagi kamu untuk mengecek lagi apa yang salah dari gaya hidup kamu.

Ini dia hal-hal yang menyebabkan periode menstruasi terganggu :

Stress

Pekerjaan rumah yang menumpuk, jadwal les yang padat setelah waktu sekolah, belum lagi ujian yang akan datang membuat kamu kewalahan. Capek lahir dan batin bisa membuah haid kamu terlambat atau bahkan berhenti. Aduh, jangan sampai ya.

Hormon yang tidak seimbang

Ketidakseimbangan hormon seringkali dialami oleh para wanita. Produksi hormon sendiri sangat berkaitan dengan menstruasi bagi wanita. Hormon yang tidak seimbang akan mengarah pada siklus haid yang tidak teratur. Bagi yang mengalami masalah ini baiknya segera berkonsultasi ke dokter ahli.

Gangguan pada kelenjar tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di bagian leher depan.  Kelenjar ini berkaitan dengan produksi hormon tubuh. Bila tiroid mengalami gangguan ini dapat memicu sistem hormonal.  Kelebihan hormon tiroid bisa jadi salah satu penyebab menstruasi tidak normal.

Olahraga ketat

Mungkin sahabat Femii lagi suka-sukanya melakukan olahraga tertentu. Lari misalnya ? Porsinya makin intens sehingga mempengaruhi haid kamu. Ya, olahraga memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tapi segala hal yang berlebihan jatuhnya malah bisa berakibat buruk.  Olahraga ketat bisa memperlambat siklus haid dan  dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Konsumsi obat

Obat yang dimaksud adalah jika kamu sedang melakukan pengobatan karena sakit lho. Misalnya obat anti depresan, obat asma dan sejenisnya , yang kadang memiliki efek samping terhadap siklus haid. Konsultasikan pada dokter efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Sahabat Femii, pandai-pandai membaca situasi ya. Jika hal-hal tersebut tidak kamu alami, namun haid terus terlambat, baiknya segera konsultasikan ke dokter ya. Semoga sehat selalu J

 

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE