Jadi Lebih Pintar dari Smartphone

Apa yang terakhir kali kamu lihat sebelum tidur dan pertama kali kamu lihat saat bangun tidur? Pasti banyak di antara kamu yang menjawab smartphone. Segitu pentingnya smartphone buat manusia zaman sekarang ya, sampai-sampai rasanya nggak bisa sehari aja hidup tanpanya.

Smartphone memang sangat membantu kehidupan sehari-hari kita, Sahabat. Mulai dari membangunkan tidur kita dengan alarm, membantu catatan pelajaran kita, mengerjakan PR, menemukan jalan menuju rumah temanmu, menonton video, belanja hingga menabung pun bisa menggunakan smartphone. Bisa dibilang, sebagian besar hidup kita dapat dihabiskan di dalam smartphone, dalam dunia virtual.

Karena sehari-hari kita sudah disibukkan dengan mengurus kehidupan kita di dalam smartphone, tak heran jika kehidupan sosial kita terganggu. Kita jadi jarang berinteraksi dengan dunia luar, jarang ngobrol sama orang-orang di sekitar, dan kadang bahkan lebih mementingkan keeksisan di dunia maya daripada dunia nyata.

Tahukah kamu, bahwa semua aktivitas yang kamu lakukan di internet diawasi, dicatat, dan diamati! Selama ini kamu memang mengakses internet dari smartphone pribadi. Namun bukan berarti keamananmu sudah cukup terjaga. Banyak kejahatan dalam dunia virtual yang akan menguntit kita jika tidak berhati-hati. Jangan kamu mengira bahwa internet merupakan tempat pribadi yang membuatmu bebas melakukan apa saja dan mengunggah apapun sesuka hati. Banyak akun-akun aktif yang berada di sekitarmu dengan segudang aktivitasnya yang bermacam-macam, mulai dari mengamati aktvitas kamu, menggunakan data yang kamu unggah, hingga mencoba untuk mempengaruhi kamu. Karena itu, nggak heran banyak terjadi penipuan, penculikan, dan pencurian yang berawal dari aktivitas di internet.

Mulai dari sekarang, kamu harus lebih pintar dari smartphone, Sahabat! Berikut ini, Femii berikan tips yang berguna buat kamu menghindari ketergantungan smartphone.

1. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan selain bermain dengan gadget, seperti membaca buku, menulis, berbicara tatap muka dengan orang-orang sekitar, lari pagi, mencoba makanan baru, dan lain-lain.

Percayalah, jika pengalaman langsung itu jauh lebih menyenangkan dibanding saat kamu menikmatinya dari layar kaca gadget.

2. Jaga Keamanan Diri

Hati-hati saat mengunggah data di internet. Baik itu berupa foto, informasi pribadi, check-in lokasi, login akun perbankan, dsb. Sekali lagi, ingatlah bahwa semua data yang kamu masukkan akan dimiliki oleh pihak tertentu dan mungkin saja dapat disalahgunakan. Terlebih dahulu lebih baik pelajari term and condition yang diberikan agar kamu paham lebih jelas kemana informasi yang kamu masukkan akan digunakan.

Segera laporkan ke pihak berwenang jika kamu mengalami kejahatan semisal penipuan dan bully. Hanya karena tidak berimbas secara fisik kepadamu, bukan berarti itu bukan tindak kriminal lho, Sahabat!

Pilih-pilihlah dalam mengunduh informasi. Usahakan informasi yang kamu peroleh bermanfaat dan memberikan pengetahuan lebih, bukan informasi yang tidak penting apalagi merugikan.

3. Pacu Kreativitas dan Prestasi

Jika kamu sudah memiliki smartphone dan gadget yang canggih, harus kamu gunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan kamu, Sahabat. Jika kamu harus mengakses internet dan mainan gadget, usahakan aktivitas tersebut menambah kualitas hidup kamu. Entah itu menambah pengetahuan, hingga memberikan inspirasi kamu untuk melakukan sesuatu yang baru.

Kemajuan teknologi sudah seharusnya kita sambut dengan gembira, dengan cara memanfaatkan sebaik-baiknya demi kehidupan kita yang lebih baik. Stay exist and active ya, Sahabat!

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE