5 TEMPAT WISATA ALAM DI JAKARTA YANG BISA KAMU KUNJUNGI SAAT LIBURAN

Libur telah tiba! Ini saat yang paling kamu nantikan bukan? Biar liburanmu nggak sia-sia, Femii mau kasih rekomendasi 5 tempat wisata alam di sekitaran Jakarta yang asik banget nih, Sahabat! Ya walaupun Jakarta terkenal dengan kota yang banyak mallnya, tapi nggak menutup kemungkinan kalau Jakarta juga punya wisata alam yang bagus dan worth it untuk dikunjungi. Jangan khawatir soal budgetnya ya, rekomendasi tempat dari Femii bakalan budget friendly banget kok. Yang penting, jangan sampai waktu libur kamu cuma dihabiskan untuk tidur dan malas-malasan. Lebih baik keluar sebentar dan menikmati alam hihi. Apalagi kalau ditemani Feminax, kamu bisa tetap aktif terus setiap hari walau haid sedang menyapa. Dijamin deh pulang-pulang bawa memori yang mengesankan banget. Tanpa perlu panjang lebar lagi, yuk langsung saja simak tempatnya! Cekidot…

1. Pulau Tidung

Rekomendasi dari Femii yang pertama adalah Pulau Tidung, Sahabat! Pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling terkenal di gugusan Kepulauan Seribu yang berada di lepas pantai Jakarta. Tempat yang paling terkenal di Pulau Tidung adalah jembatan cinta yang menghubungkan dua pulau, Tidung Besar dan Tidung Kecil. Di sini, kamu bisa berfoto-foto ria. Selain itu, ada beberapa aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sini, yaitu snorkeling, bersepeda menjelajahi pulau, BBQ, berkemah atau mungkin hanya menyaksikan sunrise/ sunset. Fyi, Pulau Tidung Kecil nggak berpenghuni, lho Sahabat! Tapi tenang, di sana ada hutan bakau yang bisa di kunjungi hihi.

2. Pulau bidadari

Pulau bidadari merupakan salah satu wisata yang paling banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, lho! Pulau ini terkenal dengan area konservasi alam karena terdapat hutan bakau dan berbagai pohon langka seperti santigi dan kepuh. Dan juga ada beberapa hewan langka seperti rusa totol, lumba-lumba dan juga elang. Selain itu, pulau bidadari juga banyak peninggalan sejarahnya. Di sini kamu bisa sekaligus belajar sejarah karena terdapat Benteng Martello yang dulunya berfungsi sebagai benteng pertahanan di zaman penjajahan Belanda. Kamu juga masih dapat melihat puing-puing bekas reruntuhan bangunan pada zaman penjajahan Belanda, lho! Kalau kamu kurang suka sejarah, jangan khawatir karena di sini ada resort yang terbilang cukup unik, resort yang berada persis di atas laut. Rasanya seperti seolah-olah sedang berada di perkampungan nelayan yang terapung di atas laut. Menegangkan sekaligus menyenangkan sepertinya ya, Sahabat. Untuk sampai ke pulau ini, kamu cuma perlu naik ferry dari Dermaga Muara Angke atau Pantai Marina Ancol. Mudah bukan?

3. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun sangat cocok untuk kamu yang ingin berkemah, Sahabat! Kamu bisa langsung merasakan suasana berkemah di tengah hutan ataupun di pinggir pantai. Ditengah-tengah jadwalmu berkemah, kamu bisa melakukan kegiatan seperti snorkeling untuk melihat terumbu karang yang berada di dasar laut. Pantainya pun sangat indah karena memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih. Ada juga penangkaran penyu dan hiu. Femii saranin buat kamu yang ingin mengunjungi pulau ini, sebaiknya kamu pergi bersama rombongan, bisa bersama teman sekelas atau bersama keluarga tercinta agar kegiatan berkemah lebih seru. 

4. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Wisata ini terbilang wisata yang cukup murah, lho Sahabat! Karena lokasinya yang nggak terlalu jauh dan juga biaya masuk yang hanya berkisar Rp. 25.000. Hutan Mangrove ini memiliki nama lain, yaitu Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Wisata ini merupakan area hutan bakau yang dikelilingi perairan. Kamu bisa menggunakan perahu untuk melihat-lihat pemandangan di sekitar hutan bakau ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara sambil berjalan menyusuri sebuah jembatan yang dibentuk mengelilingi pohon-pohon yang tumbuh di atas perairan. Jangan salah, tempat wisata ini punya fasilitas yang cukup lengkap, lho! Di sini terdapat restoran, penginapan bergaya tradisional dan juga tempat bersantai. Nggak hanya sekedar main dan berkunjung, kamu sebagai pengunjung juga bisa ikut berkontribusi untuk melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau, lho! Menarik bukan?

5. Pantai Ancol

Femii tau banget nih, kamu pasti sudah familiar banget kan dengan nama dan tempat ini? Tempat wisata alam yang paling terjangkau karena gratis hihi. Fyi, di ancol ada 5 pantai, lho! Ada Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol, dan Karnaval Ancol. Tempat wisata yang satu ini, buka 24 jam. Nggak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya, kamu harus banget nih merasakan suasana sunset di sini. Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berfoto, bermain pasir, makan di restoran yang ada di pinggiran pantai. Kalau kamu bosan di sini, kamu bisa melipir main ke Seaworld dan juga Dunia Fantasi yang juga berada di sekitaran Pantai Ancol. Transportasi menuju Pantai ini pun cukup mudah, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta, dll. 

Nah, itu dia 5 rekomendasi wisata alam yang berada di sekitaran Jakarta dan sangat cocok untuk mengisi waktu liburmu, Sahabat! Semoga liburanmu menyenangkan d84;

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE