YUK CARI TAHU TENTANG GEJALA DEPRESI

Aloha Sahabat, di artikel kali ini Femii akan membahas isu yang lumayan serius nih, yaitu isu tentang depresi, salah satu penyakit mental yang paling umum terjadi. Sebelumnya, Femii mau jelasin sedikit apa itu depresi. Depresi adalah sebuah kondisi kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilangnya minat. Namun, rasa sedih pada depresi berbeda dengan rasa sedih ketika kamu mendapat nilai jelek, diputusin pacar dan dimarahi oleh orang tua. Pada depresi, rasa sedih yang kamu rasakan terjadi terus menerus secara konsisten dan hal itu terjadi lebih dari 2 minggu dan sampai mengganggu kegiatan kamu di sekolah atau kegiatan lain dengan keluarga dan teman. Nggak cuma itu, gejala depresi lainnya adalah kehilangan minat terhadap hal yang kamu suka. Jika biasanya kamu sangat semangat ketika ingin berangkat ke sekolah atau semangat ketika akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, pada saat kamu mengalami depresi, kamu akan kehilangan semangat itu. Pada intinya, orang yang sedang mengalami depresi akan kehilangan minat untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya disukai dan dianggap menyenangkan.

Menurut Dr. Marianti, depresi bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang umur. Anak-anak atau pun remaja ternyata juga bisa mengalaminya, lho Sahabat! Bahkan, Berdasarkan data dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2013, sebanyak kurang lebih 14 juta penduduk Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas mengalami gejala depresi dan kecemasan. Itu berarti, ada kurang lebih 6% dari penduduk Indonesia yang mengalami gejala depresi dan kecemasan. Wow, mengejutkan banget ya, Sahabat? Fakta lainnya adalah, depresi lebih banyak terjadi pada perempuan, karena perempuan mempunyai sifat yang lebih perasa, lebih sering mengalami perubahan hormon, misalnya pada saat menstruasi. Jikalau orang yang mengalami depresi tidak ditangani dengan penanganan yang tepat, bisa berakibat fatal, lho! Bisa-bisa mereka mempunyai pikiran untuk bunuh diri. Itu berarti, memahami penyebab dan mengenali gejala depresi menjadi sangat penting untuk kamu, sebagai antisipasi untuk diri kamu sendiri dan setidaknya, kamu bisa menjadi penolong untuk teman kamu yang mengalami depresi. Tenang, Femii punya rangkuman gejala-gejala depresi yang dikutip dari situs kesehatan mental internasional, Help Guide. Yuk simak!

1. Putus asa dan perasaan tak berdaya

Bagi orang yang mengalami depresi, rasa putus asa mendominasi pikirannya. Merasa tak berdaya dan tak memiliki harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, merasa tidak bisa menggapai mimpi-mimpinya. Pandangan seolah suram dan meyakini bahwa nggak ada hal yang bisa dilakukan untuk merubah situasi. 

2. Hilangnya minat untuk beraktivitas

Seperti yang sudah Femii bahas di atas, mereka yang sedang mengalami depresi akan kehilangan minat untuk beraktivitas karena tidak lagi merasakan kesenangan terhadap hal yang dulunya disukai. Mereka nggak lagi peduli dengan hobi, waktu luang, aktivitas sosial. 

3. Mudah marah

Hampir dalam segala situasi dan kondisi orang yang mengalami depresi akan mudah terganggu, gelisah dan terkadang malah berperilaku kasar. Tingkat toleransinya pun menurun. Mereka menjadi tempramen dan gampang mengamuk. 

4. Kehilangan energi

Nah, biasanya orang yang mengalami depresi akan merasa cepat lelah, jadi lebih lambat dan energi secara fisik pun sering terkuras. Bahkan merasa sangat capek untuk melakukan hal ringan. Tapi, perlu diperhatikan bahwa rasa lelah ini dirasakan bukan seusai berkegiatan ya, Sahabat! Orang depresi, walaupun mereka nggak berkegiatan sama sekali, mereka pasti akan merasakan kelelahan. 

5. Membenci diri sendiri

Gejala lainnya adalah seringnya menyalahkan diri sendiri dan merasa nggak berharga. Apapun kondisinya, mereka akan menyalahkan dirinya sendiri dan bahkan membenci dirinya.

6. Masalah konsentrasi

Selanjutnya adalah masalah konsentrasi, Sahabat! Mereka yang mengalami depresi akan mengalami kesulitan untuk fokus, membuat keputusan dan mengingat sesuatu.  

7. Sakit yang tak jelas

Walaupun depresi merupakan masalah pada kesehatan mental, ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan secara fisik, lho Sahabat! Mereka yang mengalami depresi akan merasakan sakit kepala, sakit punggung, otot terasa pegal dan bahkan sakit perut!

8. Pikiran untuk bunuh diri

Yang terakhir adalah pikiran untuk mengakhiri hidupnya, karena mereka merasa bahwa dunia sudah tidak lagi mendukungnya. Terlalu banyak masalah yang dihadapi dan kurangnya  semangat untuk menjalani hal apapun. Jikalau kamu menemukan teman yang seperti ini, sebaiknya jangan dianggap remeh ya, Sahabat! Segera beri pertolongan untuknya dengan menjadi teman yang mendampinginya, yang selalu ada dan siap membantunya. 

Nah itu dia beberapa gejala depresi yang bisa Femii sampaikan buat kamu, Sahabat! Femii mau bilang bahwa isu kesehatan mental itu harus disikapi dengan serius. Sakit itu nggak hanya sakit fisik, tetapi juga ada yang namanya penyakit mental. Kalau kamu merasakan gejala-gejala tersebut di atas, segera minta pertolongan ya! Segera beritahu orang terdekat kamu dan jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikolog, ok? ;)

 

 
    Share to Facebook Share to Twitter
 
OFFLINE