Perawatan Alami Untuk Berbagai Jenis Rambut

Hi Sahabat Femii !

Frustasi dengan masalah rambut? Tidak perlu mandi kembang tujuh rupa :D coba saja tujuh resep perawatan rambut alami ini!

Telur, yogurt, dan madu, sekilas seperti menu sarapan sehat :D (udah kebayang aja roti panggang madu, omelet, dan yogurt strawberry XD aaawww ). Tapiiiii sebenarnya bahan-bahan ini juga sehat dan alami untuk rambutmu!  Dibanding produk jadi yang ada di mall, bahan-bahan ini relatif lebih murah dan pastinya lebih alami karena tidak ada kimianya.

OK, sekarang langsung ke resep-resepnya deh!

Telur, untuk segala jenis rambut

"Telur (mentah) cocok untuk segala hal," kata Janice Cox, pengarang buku Natural Beauty at Home. Menurut beliau kuning telur kaya akan protein dan nutrisi, secara alami bisa melembapkan; sementara putih telur mengandung enzym yang bisa membunuh bakteri, menghilangkan lemak yang tak diinginkan.

Untuk rambut normal: gunakan telur mentah, baik kuning dan putihnya, untuk melembutkan rambut.

Untuk rambut berminyak: gunakan putihnya saja.

Untuk rambut kering dan rapuh: gunakan kuningnya saja untuk melembutkan.

Untuk masing-masing jenis rambut di atas, gunakan campuran telur yang cocok sesuai resep di atas, sebanyak 1/2 cangkir teh. (maksudnya bila perlu kuningnya saja, berarti mungkin perlu 3-5 telur supaya dapat 1/2 cangkir, kalau kuning dan putih mungkin 2-3 telur cukup). Bila rambutmu panjang, mungkin bisa ditambahkan seperlunya sehingga cukup untuk membalur rambut dan kulit kepala.

Basahkan rambutmu, keringkan sedikit hingga kondisinya lembap, lalu gunakan campuran tersebut. Ingat... balur rambut DAN kulit kepala. Biarkan hingga 20 menit, lalu basuh dengan air sejuk (jangan air panas, nanti rambutmu jadi mie telur :D ), lalu cuci lagi rambut dengan shampoo yang ringan/mild untuk menghilangkan aroma telur.

Perawatan dengan kuning telur bisa dilakukan tiap bulan, atau kalau cuma memakai putih telur maka tiap 2 minggu sekali juga masih OK.

 

Yogurt, untuk rambut kusam

Produk rambut kimiawi dan polusi udara bisa meninggalkan lapisan yang membuat rambut kering dan kusam, maka itu harus dilawan dengan bahan mengandung susu seperti yogurt. "Asam Laktik bisa membersihkan kotoran dengan lembut, sementara kandungan susu bisa melembapkan," menurut Lisa S. Belkin, pengarang buku The Cosmetics Cookbook.

Yogurt murni bisa kamu beli di supermarket. Bukan yang sudah mengandung gula yaa! Lebih bagus kalau kamu bisa mendapatkan Yogurt untuk bahan dasar masakan, jadi memang belum dicampur apa-apa.

Yogurt bisa langsung digunakan di rambut, untuk satu sesi perawatan mungkin 1/2 cangkir cukup, atau seperlunya bila memang rambutmu panjang.

Basahkan rambutmu, keringkan sedikit hingga kondisinya lembap, lalu gunakan yogurt. Diamkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air hangat, lalu basuh lagi dengan air sejuk, dan terakhir cuci rambutmu seperti biasa.

Perawatan yogurt ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

 

Sari lemon dan minyak zaitun untuk menangkal ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala

Kutumbaba alias ketombe nyebelin itu bisa muncul karena pola makan tak sehat, stres, atau iklim yang tak menentu. Basmi ketombe dan gatal-gatal dengan campuran sari lemon dan minyak zaitun (olive oil). "Keasaman dalam lemon bisa menghilangkan serpihan kulit kepala yang rontok, sementara minyak zaitun bisa melembapkan kulit kepala (yang baru dibersihkan oleh sari lemon tadi)," menurut Janice Cox.

Untuk volume rambut normal kamu bisa mencampurkan 2 sendok teh sari lemon, 2 sendok teh minyak zaitun (tambahkan seperlunya bila rambutmu panjang).

Basahkan rambutmu, keringkan sedikit hingga kondisinya lembap, lalu gunakan campuran tersebut; pijatkan hingga ke kulit kepala (jangan pakai kuku ya memijatnya, gunakan ujung jari yang empuk). Biarkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air hangat dan keramas seperti biasa.

Perawatan ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

 

Madu, untuk rambut kering atau rusak akibat matahari

 Wah yang ini cocok sekali untuk Sahabat Femii yang aktif, apalagi yang suka kegiatan di alam terbuka. Sinar matahari, kualitas air yang kurang bagus, atau catokan rambut, semua bisa membuat rambut kering dan rusak. Solusinya bisa dengan madu, zat alami yang menarik kelembapan dan menguncinya agar tahan lama, begitulah kata Janice Cox dalam bukunya.

Madu murni bisa dibeli di supermarket. Untuk volume rambut normal, 1/2 cangkir madu cukup (gunakan lebih bila rambutmu panjang).

Basahkan rambutmu, keringkan sedikit hingga kondisinya lembap, lalu gunakan madu. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat. Kalau madunya bandel dan susah dibilas, campurkan juga minyak zaitun (1 atau 2 sendok teh) ke dalam ramuanmu sehingga lebih mudah waktu dibilas. Kalau rambut dalam kondisi rusak yang parah, ramuan ini bisa diperkuat dengan bahan yang kaya protein seperti alpukat atau kuning telur (1-2 sendok teh).

Perawatan ini aman dilakukan sekali sebulan.

 

Maizena (tepung jagung) untuk rambut berminyak

"Bila digunakan dengan benar, maizena adalah bahan yang sangat murah untuk menghilangkan minyak berlebihan," kata Belkin.

Wah ternyata maizena bukan cuma untuk membuat kue yaa!

Siapkan botol merica yang tak terpakai, isi dengan 1 sendok makan maizena. Taburkan ke rambutmu dalam keadaan kering sampai habis 1 botol. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan rambut dengan sisir dayung. Bersihkan yang telaten yaaa! Jangan tersisa sebuk putihnya.

Perawatan ini aman dilakukan setiap dua hari.

 

Alpukat untuk rambut kusut

Kalaupun otak lagi kalut karena ulangan, rambut jangan ikut kusut. Alpukat mengandung minyak yang ringan dan lembap, mirip minyak alami dari kulit kita, dan proteinnya bisa menyehatkan rambut. Menurut Cox, kombinasi nutrisi dalam alpukat cocok untuk melembutkan dan meluruskan rambut kusut.

Tumbuk isi dari setengah alpukat sehingga menjadi bubur. Basahkan rambutmu, keringkan sedikit hingga kondisinya lembap, lalu gunakan bubur alpukat tersebut. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Resep ini bisa diperkuat dengan campuran bahan lain yang melembapkan juga, seperti kuning telur atau mayones (murni, bukan yang sudah berbumbu). Tambahkan saja bahan ekstra tadi sekitar 1-2 sendok makan ke dalam bubur alpukatmu tadi sebelum digunakan.

Perawatan ini aman dilakukan setiap dua minggu.

 

Baking Soda (Soda Pengembang Kue) untuk rambut rusak akibat bahan kimia

"Residu dari produk-produk kimia bisa diserap dengan baik oleh baking soda," menurut Cox.

Resepnya, campur 1-2 sendok makan baking soda dengan sedikit air sehingga terbentuk pasta pekat. Pijatkan pasta ini dengan lembut ke rambutmu dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air sejuk lalu keramas seperti biasa.

Perawatan ini aman dilakukan setiap dua minggu.

 

Selamat mencoba yaa!!

 

Stay active Sahabat Femii!!

Love,

Femii

 
    Share to Facebook Share to Twitter